Tuntaskan Safari Ramadan Pemkot, Fasha Ajak Masjid Makmurkan Masyarakat

Tuntaskan Safari Ramadan Pemkot, Fasha Ajak Masjid Makmurkan Masyarakat

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Setelah sebelumnya dua tim Safari Pemkot Jambi yang dipimpin langsung oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota, menyinggahi berbagai masjid di seluruh pelosok Kota Jambi, Selasa malam (26/4), Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha bersama Wakil Wali Kota Jambi dr. H. Maulana, menuntaskan rangkaian kegiatan Safari Ramadan Pemerintah Kota Jambi tahun 1443 H (2022-red), bertempat di Masjid Babul Fatah Kenali Besar Alam Barajo.

Selain menggelar Salat Isya, Tarawih dan Witir berjamaah, safari Ramadan Kota Jambi tersebut juga dirangkai dengan kegiatan penyerahan bantuan sosial Pemkot Jambi untuk pembangunan masjid tersebut. Pemkot Jambi memberikan bantuan senilai sepuluh juta rupiah, diikuti oleh Wali Kota, Wawako, Sekda dan Baznas Kota Jambi, juga turut memberikan bantuan bagi masjid yang masih dalam proses pembangunan tersebut. Dalam rangkaian acara itu juga, MUI Kota Jambi juga menyerahkan buku kumpulan khutbah dan tata cara ibadah yang ditulis oleh MUI Kota Jambi.

Turut hadir pada puncak kegiatan Safari Ramadan Kota Jambi itu, Sekretaris Daerah Kota Jambi H. A. Ridwan, Ketua MUI Kota Jambi Dr. Kaspul Anwar, Kakan Kemenag Kota Jambi H. M. Saman, Staf Ahli Wali Kota, Asisten Sekda, Kepala OPD Pemkot Jambi serta masyarakat jamaah Masjid Babul Fatah.

Dalam sambutannya, Wali Kota Fasha ungkapkan bahwa bulan suci Ramadan, merupakan bulan yang bernilai istimewa dan diliputi dengan berbagai kemuliaan, yang menjadi sarana bagi umat Islam dalam meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT.

Baca Juga: Kasus Penipuan Koperasi Simpan Pinjam, Bareskrim Polri Sita 2 Lantai Apartemen Mewah

Baca Juga: Tim Kesehatan Satgas Yonif Raider 142/KJ Periksa Kesehatan Warga di Perbatasan

"Ini adalah bulan dimana segala amal kebaikan dilipatgandakan ganjaran pahalanya oleh Allah SWT. Sungguh mulia dan istimewa bagi umat Islam yang beriman, amalan sunah bernilai pahala sama seperti amalan wajib, dan amalan wajib pahalanya dilipatgandakan oleh Allah SWT. Jangan pernah sia-siakan waktu dan kesempatan dibulan ini untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas untuk beribadah, termasuk berbuat kebaikan bagi sesama. Berlomba dalam kebaikan dan kebajikan," ujar Fasha.

Terkait dengan kondisi pembangunan masjid, pada kesempatan tersebut Fasha juga menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya atas kekompakan masyarakat beserta pengurus dan jamaah masjid yang bahu membahu turut serta membangun masjid tersebut. Tidak hanya itu, Fasha juga mengajak seluruh pengurus masjid di Kota Jambi untuk mulai mengubah paradigma masjid sebagai rumah ibadah yang harus bernilai manfaat bagi masyarakat.

"Kami mengimbau dan mengajak pengurus masjid untuk mengubah paradigma pemikiran dan mulai bertransformasi dari yang sebelumnya berlomba merenovasi masjid yang sebenarnya sudah sangat nyaman dan layak untuk beribadah, dengan dana kas yang cukup banyak, untuk mulai melihat keluar lingkungan sekitar masjid, apakah masih ada masyarakat kita, jamaah kita yang lebih membutuhkan pertolongan dan bantuan. Kita ubah dengan masyarakat meramaikan masjid dan masjid memakmurkan masyarakat, bukan sebaliknya," ungkap Wali Kota yang juga selaku Ketua Dewan Masjid Kota Jambi itu.

Wali Kota Fasha juga mengajak seluruh masyarakat Kota Jambi untuk makin meningkatkan ibadah di penghujung Ramadan dengan meramaikan masjid dan memperbanyak amal ibadah khususnya pada malam-malam yang utama yang disebut dengan malam Lailatul Qadr. Selain itu Fasha juga mengajak jamaah untuk senantiasa berdoa dan memohon kepada Allah semoga amal ibadah Ramadan dari awal hingga hari Raya Idul Fitri mendatang diterima oleh Allah SWT dan semoga dipertemukan kembali pada Ramadan di tahun mendatang.

Safari Ramadan Pemkot Jambi yang dicanangkan Fasha-Maulana menjadi agenda rutin tahunan Pemkot Jambi dibulan Ramadan dan sebagai ajang untuk mempererat ukhuwah Islamiyah dan tali silaturahim antar umat muslim, serta masyarakat Kota Jambi bersama pemimpinnya. Selain berkeliling memberikan bantuan dana hibah bagi pembangunan masjid/musala di Kota Jambi,Wali Kota dan Wawako, serta jajaran pejabat Pemkot Jambi memanfaatkan kegiatan ini untuk bersilaturahim, beribadah, membangun hubungan emosional bersama masyarakatnya, menyerap berbagai aspirasi dan keluhan masyarakat, serta sebagai ajang untuk menginformasikan berbagai program pembangunan kepada masyarakat. (/zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: