Momen Lebaran, Ketua RT di Lebak Bandung Stanby Pantau Pendatang

Momen Lebaran, Ketua RT di Lebak Bandung Stanby Pantau Pendatang

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Bulan ramadan tinggal menghitung hari. Libur lebaran tentu menjadi momen bagi perantau untuk berkumpul dengan keluarga.

Namun meski demikian, pemerintah tetap mengimbau masyarakat untuk dapat mematuhi prokes Covid-19. Meski sudah menjadi endemi, namun mata rantai wabah Covid-19 masih tetap harus diputus, termasuk di Kota Jambi.

Untuk itulah, para ketua RT pun diminta lebih aktif dalam memantau mobilitas masyarakat. Termasuk bagi para pendatang, yang datang ke wilayah RT tersebut.

Menyikapi hal itu, Lurah Lebak Bandung, Ahmad Fikri Aiman mengatakan bahwa pihaknya memastikan, ketua RT siap untuk selalu stand by memantau warga yang datang ke Kelurahan Lebak Bandung, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi.

Namun memang, kata dia sejauh ini belum ada laporan dari ketua RT terkait pemudik yang datang ke wilayahnya.

"Untuk sementara masih belum ada, insya Allah pak RT standby untuk memantau wilayahnya masing-masing. Jika ada warga luar daerah yang mudik ke Kelurahan Lebak Bandung," katanya.

Selain itu, pasca mudik sendiri, Fikri mengatakan pihaknya mengimbau kepada warga untuk tetap waspada. Jika sepulang dari mudik merasakan ada gejala kurang sehat atau menjurus kepada ciri-ciri Covid-19, untuk segera memeriksakan diri ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat.

"Dan melaporkan diri kepada RT jika memang hasil dari pemeriksaan terkonfirmasi positif," kata Fikri.

Sementara itu, terpisah Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono mengimbau masyarakat agar tertib dalam melakukan mudik lebaran tahun ini.

“Mari kita sambut mudik lebaran ini dengan suka ria, jika dilakukan dengan tertib, mudik lebaran bisa dinikmati oleh semua orang dan keluaarga di kampung,” katanya.

Ia juga mengingatkan, untuk yang melakukan mudik lebaran nanti juga menjaga keselamatan diri saat diperjalanan, kemudian juga menjaga keamanan rumah supaya tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.(tav)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: