Sering Batuk Berdahak? Begini Cara Mengatasinya

Sering Batuk Berdahak? Begini Cara Mengatasinya

Ilustrasi flu dan batuk berdahak --

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - batuk merupakan dorongan dadak yang kuat untuk melepaskan udara dan membersihkan iritasi pada tenggorokan dan saluran pernapasan

Batuk dapat terjadi karena reaksi alami tubuh yang secara tidak langsung membersihkan saluran pernapasan dari benda asing atau zat iritatif.

Namun pada batuk sering terjadi keluarnya dahak dari saluran pernapasan secara bersamaan. Hal ini dikarenakan terjadi infeksi pada produksi lendir yang lebih banyak dan dari itu terjadilah pengeluaran lendir melalui dahak saat batuk. 

Penyebab terjadinya batuk berdahak yaitu: Flu, Sinusitis, Pneumonia, Bronkitis, Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), Asma, Post nasal drip, Tuberkulosis (TBC), Cystic fibrosis, Edema paru. Berikut ialah cara mengatasi batuk berdahak ialah :

BACA JUGA:Ternyata Ini Alasan, Deri Maju di Pilbup Kerinci !

BACA JUGA:H Abdul Rahman Diskusi dengan Ratusan Milenial di Taman Remaja Kota Jambi

1. Minum air hangat ialah cara yang dapat membantu mengencerkan dahak. Cara ini juga bisa digabungkan dengan teh hangat tanpa kafein.

2. Berkumur memakai air garam ialah salah satu cara yang dapat membantu mengencerkan dahak, meredakan sakit tenggorokan, dan membunuh kuman. Cara ini Hanya membuat air garam dengan melarutkan ½ sdt garam ke dalam 250 ml air hangat. 

3. . Menghirup uap merupakan cara alternatif untuk mengatasi batuk berdahak. Menghirup uap akan membuat hidung menutupi tenggorokan dan menghambat dahak.

4. Memakan obat batuk bisa mengurangi dahak keluar saat batuk. Dengan mengonsumsi obat batuk yang dijual di apotek dan sesuai aturan yang tertera pada kemasan.

Inilah cara mengatasi batuk berdahak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: