Arti dan Penggunaan Huruf "K" dalam Harga dan Teknologi

Arti dan Penggunaan Huruf

Arti dan Penggunaan Huruf "K" dalam Harga dan Teknologi--Pixabay.com

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Saat berbelanja, banyak orang mungkin pernah melihat harga dengan label seperti "15K" atau "50K" dan bertanya-tanya apa arti dari huruf "K" tersebut.

Secara umum, penggunaan huruf "K" dalam harga adalah singkatan dari "kilo," yang dalam konteks angka berarti seribu. Sebagai contoh, harga 15K berarti Rp15.000, sedangkan 50K berarti Rp50.000.

Huruf "K" berasal dari kata "kilo," yang merupakan unit dalam Sistem Satuan Internasional (SI) untuk menyatakan 1.000. Istilah "kilo" sendiri berasal dari bahasa Yunani kuno "chilioi," yang berarti seribu atau banyak.

Penggunaan simbol "K" sebagai pengganti angka ribuan sudah dimulai sejak tahun 1940-an, salah satunya dalam buku Basic Electrical Engineering terbitan McGraw-Hill pada 1945.

Selain itu, penggunaan "K" juga tercatat dalam glosarium perusahaan elektronik Radio Corporation of America (RCA) pada 1947, yang menambah popularitas simbol ini dalam komunikasi teknis, termasuk dalam hal harga.

BACA JUGA:Terungkap! Liam Payne Meninggal Dunia Akibat Jatuh dari Ketinggian di Buenos Aires

BACA JUGA:Tips Cerdas Menggunakan Google Scholar untuk Menemukan Literatur Berkualitas

Penggunaan huruf "K" untuk menggantikan ribuan dalam harga sudah lazim ditemui di berbagai platform, termasuk e-commerce dan label produk fisik.

Misalnya, ketika harga suatu barang tercantum 50K, artinya adalah Rp50.000, dengan "K" mewakili ribuan Rupiah. 

Terkadang, label harga tersebut juga dilengkapi dengan singkatan mata uang seperti IDR (Indonesian Rupiah) atau USD (United States Dollar).

Jika tertulis "IDR 50K," artinya produk tersebut dihargai Rp50.000, sedangkan "USD 50K" berarti US$50.000. 

Namun, jika kode mata uang tidak disebutkan, seperti hanya tertulis "30K" pada sebuah produk di Indonesia, maka besar kemungkinan satuan mata uang yang dimaksud adalah Rupiah.

BACA JUGA:Venezia Siap Hadapi Raksasa Atalanta, Mampukah Jay Idzes Redam Lini Serang Terganas Serie A?

BACA JUGA:Doa Bersama untuk Kesembuhan Abdee Negara, Gitaris Slank

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: