Pelantikan Prabowo, TNI AU Siapkan Pesawat Intai untuk Patroli di Jakarta

Pelantikan Prabowo, TNI AU Siapkan Pesawat Intai untuk Patroli di Jakarta

Pangkoopsudnas TNI Angkatan Udara Marsekal Madya TNI Tedi Rizalihadi (kiri) mengecek kesiapan alutsista udara, penerbang, dan pasukan TNI AU untuk operasi pengamanan 'VVIP' pelantikan presiden-wakil presiden.-ANTARA-

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - TNI Angkatan Udara menyiapkan satu pesawat intai Boeing 737 dari Skuadron Udara 5 Pangkalan Udara (Lanud) Hasanuddin untuk berpatroli di wilayah udara Jakarta selama operasi pengamanan VVIP pelantikan presiden-wakil presiden pada 20 Oktober 2024.

Pesawat berjuluk “Camar Emas” dengan nomor registrasi AI-7303 itu telah terparkir di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis, saat apel gelar pasukan dan alutsista TNI AU untuk operasi pengamanan VVIP acara pelantikan presiden-wakil presiden.

Hal ini disampaikan Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsekal Madya TNI Tedi Rizalihadi, selepas meninjau kesiapan alutsista udara TNI AU untuk acara pelantikan di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis 16 Oktober 2024.

Kata dia, Pesawat Boeing intai ini lengkap dengan kameranya. Bisa mengawasi ibukota, pergerakan di bawah, dan itu bisa dipancarkan ke tiga titik, yaitu ke (posko) di Medan Merdeka Barat.

BACA JUGA:Paripurna DPR RI Setujui Herindra Jadi Calon Kepala BIN

BACA JUGA:Dilantik Menag Yaqut, Mahbub Daryanto Jadi Kakanwil Kemenag Jambi, Zoostafia Kakanwil Kemenag Kepri

Kemudian, ke Subden Mabes TNI Merdeka Barat, dan ke Kantor Komando Operasi Udara Nasional sebagai penjaga wilayah kedaulatan udara Indonesia.

Boeing intai TNI AU, jika dilihat sekilas seperti pesawat angkut biasa. Pesawat itu dilengkapi dengan berbagai perangkat intai yang mumpuni untuk kebutuhan ISR (intelligence, surveillance, dan reconnaissance).

Di antaranya perangkat sensor SLAMMR yang memungkinkan pesawat wilayah perairan seluas hingga 85.000 mil per jam, kemudian sistem navigasi INS LTN-72R yang terintegrasi dengan GPS.

Ada juga, saluran telepon yang terhubung langsung dengan komando pusat, dan radar double agent AN/APS-504 (V)5 yang mampu memetakan wilayah hingga 256 Nautical mile (Nm).

BACA JUGA:Tim Relawan Sehati Nyatakan Dukung H Abdul Rahman-H Andi Muhammad Guntur di Pilwako Jambi 2024

BACA JUGA:Ini Tampang Helen, Tikui, Ameng, Didin dan Mengku, Serta Peran Mereka Dalam Bisnis Narkoba di Jambi

Tedi menyebut Boeing intai itu menjadi satu dari delapan pesawat angkut TNI AU yang dikerahkan untuk operasi pengamanan VVIP acara pelantikan presiden-wakil presiden.

Delapan pesawat angkut itu mencakup di antaranya pesawat teranyar TNI AU C-130 J Super Hercules A-1343 dari Lanud Halim Perdanakusuma, satu Boeing 737-400 untuk angkutan VIP, dan dua pesawat CN295.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: