Penyebab Komunikasi yang Buruk: Kenali dan Atasi Hambatannya

Penyebab Komunikasi yang Buruk: Kenali dan Atasi Hambatannya

Kunci Komunikasi--Pixabay.com

Lingkungan juga dapat memengaruhi kualitas komunikasi. Gangguan suara, interupsi dari orang lain, atau bahkan distraksi digital seperti ponsel dapat menghambat aliran percakapan.

Ketika fokus terpecah atau ada terlalu banyak gangguan, pesan yang disampaikan mungkin tidak sepenuhnya diterima atau dipahami.

7. Gaya Komunikasi yang Tidak Sesuai

Tidak semua orang memiliki gaya komunikasi yang sama. Beberapa orang mungkin lebih suka berbicara langsung dan to the point, sementara yang lain lebih suka mendiskusikan hal-hal secara detail dan perlahan.

Ketidaksesuaian dalam gaya komunikasi ini dapat menyebabkan frustrasi dan salah paham di antara pihak-pihak yang terlibat.

8. Penggunaan Teknologi yang Salah

Di era digital, banyak komunikasi dilakukan melalui teks, email, atau media sosial. Meskipun teknologi ini memudahkan kita berkomunikasi dengan cepat, mereka juga bisa menjadi penyebab miskomunikasi.

BACA JUGA:Kasrem 042/Gapu Pimpin Upacara Ziarah Nasional HUT Ke-79 TNI Tahun 2024

BACA JUGA:Satu Keluarga Kompak Jalankan Bisnis Narkoba, Ujung-ujungnya Masuk Penjara

Tanpa adanya isyarat non-verbal seperti ekspresi wajah dan nada suara, pesan yang dikirim melalui teks sering kali disalahartikan. Selain itu, penggunaan singkatan atau bahasa informal juga dapat menimbulkan kebingungan.

Komunikasi yang buruk dapat dihindari dengan memperbaiki cara kita mendengarkan, menyampaikan pesan, serta memperhatikan faktor-faktor lain seperti emosi, asumsi, dan latar belakang budaya.

Dengan memahami penyebab utama komunikasi yang buruk, kita dapat meningkatkan kemampuan komunikasi kita dan membangun hubungan yang lebih baik dengan orang di sekitar kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: