Inovasi Kesehatan: Lapas Bungo dan Puskesmas Bungo II Bersatu untuk Atasi TBC, Hipertensi, & Diabetes!

Inovasi Kesehatan: Lapas Bungo dan Puskesmas Bungo II Bersatu untuk Atasi TBC, Hipertensi, & Diabetes!

Lapas Bungo dan Puskesmas Bungo II Bersatu untuk Atasi TBC, Hipertensi, & Diabetes.--

Bungo, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan di wilayah Kabupaten Bungo, Puskesmas Muara Bungo II mengadakan kegiatan pembinaan penguatan kolaborasi antara Puskesmas, Klinik Pratama dengan Tempat Praktek Mandiri Dokter (TPMD) dalam pelayanan program prioritas. Kegiatan ini berlangsung di Aula Puskesmas Muara Bungo II, Rabu 2 Oktober 2024.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Puskesmas Muara Bungo II Yulyanti, S.KM yang dalam sambutannya menekankan pentingnya antara Puskesmas, Klinik dan TPMD dalam upaya peningkatan layanan kesehatan di Kabupaten Bungo.

Turut hadir Kasi Binadik dan Giatja Lapas Bungo Harianto, S.Sos., M.H didampingi Kasubsi Pernadik Slamet Ari Rahardjo, S.Sos serta Dr. Yonna Yolanda Yudilessia selaku Dokter pada Klinik Lapas Bungo pada kegiatan ini.

Harianto berharap agar puskesmas mampu berperan aktif sebagai koordinator wilayah yang menjalankan fungsi pengawasan dan pembinaan kepada fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di wilayahnya khususnya pada Klinik Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Muara Bungo. Sehingga semuanya perlu bersinergi dan berkolaborasi agar warga binaan Lapas Bungo bisa terlayani dengan sebaik-baiknya," ucap Harianto.

BACA JUGA:Keluarga Ungkap Wasiat dan Kronologi Meninggalnya Marissa Haque

BACA JUGA:Ditintelkam Polda Jambi Gandeng Influencer dan Pers untuk Jaga Stabilitas Jelang Pilkada 2024

Kolaborasi antara Puskesmas, Klinik dan TPMD ini lebih difokuskan pada penyakit prioritas (Tubercolusis, Diabetes Melitus dan Hipertensi) karena ketiga penyakit tersebut termasuk dalam indikator SPM (Standar Pelayanan Minimal) yang harus dicapai 100%. Selain itu Program Prioritas Nasional (PPN) juga mengamanahkan untuk penanganan TB dan PTM.

Untuk itu, penting adanya koordinasi dan kolaborasi yang solid antara semua pihak terkait dalam rangka memberikan layanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat khususnya warga binaan Lapas Bungo. Agar Kerjasama yang dilakukan memiliki kekuatan hukum dan indikator yang jelas, perlu dimuat dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat kerjasama antara Puskesmas, Klinik Pratama, dan TPMD serta meningkatkan efektivitas dalam pelaksanaan program kesehatan prioritas di Kabupaten Bungo.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: