Cara Sehat Menggunakan HP: Tips Menjaga Kesehatan di Era Digital

Cara Sehat Menggunakan HP: Tips Menjaga Kesehatan di Era Digital

Pemberian HP pada anak dapat berdampak buruk seperti ketergantungan -ist/jambi-independent.co.id-freepik.com

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Di era digital saat ini, penggunaan smartphone atau HP sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Mulai dari berkomunikasi, bekerja, hingga mengakses hiburan, semuanya bisa dilakukan dengan perangkat ini. Namun, meski fungsinya sangat membantu, penggunaan HP yang berlebihan dan tidak tepat dapat berdampak buruk bagi kesehatan, baik fisik maupun mental.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara sehat dalam menggunakan HP agar manfaatnya tetap bisa dirasakan tanpa mengorbankan kesehatan.

1. Batasi Waktu Penggunaan

Penggunaan HP yang berlebihan dapat menyebabkan kelelahan mata, sakit kepala, hingga gangguan tidur. Salah satu cara paling efektif untuk menjaga kesehatan adalah dengan membatasi waktu penggunaan HP.

BACA JUGA:Bupati Tanjabbbar Resmikan QRIS Bersama BAZNAS dan BRI

BACA JUGA:Bahaya Merokok: Mengancam Kesehatan Tubuh dan Lingkungan

Cobalah menerapkan aturan 20-20-20, yaitu setelah 20 menit menggunakan HP, berhentilah selama 20 detik dan lihat objek sejauh 20 kaki (sekitar 6 meter). Ini membantu mengurangi ketegangan mata.

Selain itu, atur jadwal penggunaan HP. Hindari menggunakan ponsel terlalu sering di luar jam-jam tertentu, seperti sebelum tidur atau saat makan.

Beri waktu pada diri sendiri untuk "detoksifikasi digital" dengan tidak menyentuh HP selama beberapa jam dalam sehari.

2. Perhatikan Jarak Pandang

Seringkali, kita terlalu dekat saat melihat layar HP, yang bisa menyebabkan mata cepat lelah dan berpotensi menyebabkan gangguan penglihatan dalam jangka panjang.

BACA JUGA:Bupati Tanjab Barat Gelar di Safari Jumat Desa Pasar Senin

BACA JUGA:Kreativitas dalam Olahan Singkong: Lezat dan Bergizi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: