Gubernur Jambi Al Haris: Pertumbuhan Konsumsi Rumah Tangga Penopang Ekonomi Provinsi Jambi

Gubernur Jambi Al Haris: Pertumbuhan Konsumsi Rumah Tangga  Penopang Ekonomi Provinsi Jambi

Gubernur Al Haris: Pertumbuhan Konsumsi Rumah Tangga Penopang Ekonomi Provinsi Jambi-ist/jambi-independent.co.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Gubernur Jambi  Al Haris, mengemukakan, pertumbuhan konsumsi rumah tangga akan terus menjadi salah satu penopang utama pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi bahkan Indonesia ke depan. 

Hal tersebut dikemukakan Gubernur saat menghadiri Aksi Hari Konsumen Nasional (Harkonas) dan Pasar Murah, yang diselenggrakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi, di Depan Kantor Perindustrian dan Perdanggan  Provinsi Jambi, Minggu 22 September 2024.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Al Haris sangat mengapresi dan berterima kasih kepada Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi beserta jajaran terkait yang menyelenggarakan acara ini, bekerja sama dan berkolaborasi dengan semua pihak terkait. 

"Aksi Hari Konsumen ini merupakan apresiasi kepada konsumen yang telah berkontribusi besar terhadap perekonomian daerah dan nasional, sekaligus ajakan kepada konsumen agar terus semakin kritis, teliti, dan cerdas dalam bertransaksi. Konsumen memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian di Provinsi Jambi bahkan Indonesia," ujar Gubernur Al Haris.

"Kita mengetahui bahwa konsumen ini adalah masyarakat yang sehari-harinya belanja yang menggunakan bermacam-macam produk-produk agro dan industri lain yang ada di Provinsi Jambi yang menjadi konsumsi rumah tangga," sambung Gubernur Al Haris.

BACA JUGA:Segini Harga Emas Antam Hari Senin Tanggal 23 September 2024

BACA JUGA:Htk - Ezi Dapat Nomor Urut 2, Ini Nomor Urut Calon Bupati dan Wakil Bupati Kerinci

Dijelaskan Gubernur Al Haris, harus diakui bahwa pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi masih belum begitu sempurna, karena Jambi selama ini masih ada pengaruh pertambangan batubara.

"Masyarakat Jambi masih banyak tergantung dan menikmati batubara masih banyak, seperti sopir saja kurang lebih enam ribu dan pekerja di tambang-tambang dan warung-warung yang di pinggir jalan, ini sangat mempengaruhi ekonomi Jambi, disamping primadonanya perkebunan dan pertanian, sehingga pertumbuhan ekonomi kita kisaran 4,15 dibawah nasional," jelas Gubernur Al Haris.

"Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi, Ekonomi Jambi triwulan II-2024 terhadap triwulan II-2023 mengalami pertumbuhan sebesar 4,15 persen (y-on-y).  Laju inflasi Provinsi Jambi secara year on year (y-on-y) pada Agustus 2024 sebesar 2,50 persen. Hal ini mencerminkan bahwa ekonomi kita bertumbuh cukup baik dan inflasi kita terkendali dengan baik pula," lanjut Gubernur Al Haris.

Dikatakan Gubernur Al Haris, saat ini yang bisa meningkatkan perekonomian salah satunya pada sektor investasi. 

BACA JUGA:KPU Tetapkan Nomor 4 Untuk Deri - Aswanto di Pilkada Kerinci

BACA JUGA:Sekda Provinsi Jambi Sudirman Ditunjuk Sebagai Pjs Gubernur Jambi, Mulai Bertugas 25 September 2024

"Bidang investasi di Jambi, bisa kita akui kurang begitu baik, ada beberapa PSN yang kurang berjalan, contoh PSN Kemingking, yang dulu sudah ditetapkan pemerintah menjadi pusat kawasan industri, tapi kini tidak jalan," kata Gubernur Al Haris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: