Tingkatkan Kualitas dan Produktifitas Lansia, Pj Wali Kota Jambi Resmikan Sekolah Lansia Tangguh

Tingkatkan Kualitas dan Produktifitas Lansia, Pj Wali Kota Jambi Resmikan Sekolah Lansia Tangguh

Tingkatkan Kualitas dan Produktifitas Lansia, Pj Wali Kota Jambi Resmikan Sekolah Lansia Tangguh-Ist/jambi-independent.co.id-

BACA JUGA:261.738 Warga Kabupaten Bungo Masuk Daftar Pemilih Tetap Pilkada 2024

Lebih lanjut, Yudi menyebut tantangan utama yang akan dihadapi bangsa Indonesia adalah terkait finansial penduduk lansia, dikarenakan tidak banyak memiliki Jaminan Hari Tua (JHT), sehingga secara ekonomi banyak bergantung kepada keluarga atau anaknya, yang dikenal dengan sebutan sandwich generation.

"Tantangan berikutnya adalah kesehatan Lansia di sejumlah fasilitas kesehatan. Harapannya kesehatan dan kualitas hidup penduduk usia lanjut dapat tetap terjaga, serta meningkatnya kemampuan fisik lansia," tambahnya. 

Pemerintah melalui BKKBN bersama dengan pemerintah daerah, sebut Yudhi, telah mengoptimalkan program pemberdayaan lansia dengan tujuan untuk mengoptimalkan fungsi fisik, sosial, mental, kognitif, ekonomi, serta spiritual lansia dalam rangka mendukung terwujudnya lansia yang SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif, dan Bermartabat), yaitu melalui Program Sekolah Lansia Tangguh (SELANTANG) 

"Program ini merupakan salah satu upaya konsep pendidikan sepanjang hayat (Long Life Education) non-formal, terutama bagi lansia yang masih potensial di dalam keluarga dan masyarakat melalui 7 dimensi lansia tangguh yakni dimensi spiritual, dimensi fisik, dimensi emosional, dimensi intelektual, dimensi sosial kemasyarakatan, dimensi profesional vokasional dan dimensi lingkungan," sebutnya. 

"Kami ucapkan terimakasih atas semua pihak yang telah berkontribusi dalam kegiatan ini sehingga dapat terselenggara seperti apa yang kita harapkan," pungkas Yudhi. 

Peresmian SELANTANG yang ke 2 di kota Jambi itu ditandai dengan pemukulan gong dan pengalungan secara simbolis tanda peserta oleh Pj Wali Kota Jambi. Acara tersebut juga dirangkai dengan pelantikan Pengurus SELANTANG dan Senam Lansia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: