Waspada Saat Perjalanan Jauh, Cek Panas Berlebih pada Rem Tromol Motor

Waspada Saat Perjalanan Jauh, Cek Panas Berlebih pada Rem Tromol Motor

waspada panas pada rem saat perjalanan jauh-foto; ilustrasi-jambi independent

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Saat ini banyak orang yang memutuskan untuk menggunakan kendaraan roda dua atau motor dalam melakukan perjalanan jauh. Padahal, ada banyak hal yang harus diperhatikan saat akan melaksanakan perjalanan jauh menggunakan motor.

Melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor menuntut perhatian khusus pada aspek keselamatan, salah satunya adalah sistem pengereman. Mengingat rem merupakan komponen vital, perawatan dan pengecekan secara berkala sangat diperlukan untuk menghindari risiko kecelakaan seperti rem blong.

Komponen rem, terutama pada motor yang masih menggunakan teknologi tromol, rentan mengalami panas berlebih selama perjalanan panjang. Sebab, panas berlebih pada komponen rem, terutama tromol, bisa berbahaya dan menyebabkan rem blong. Oleh karena itu, penting bagi pengendara untuk berhenti sejenak setiap tiga jam guna mendinginkan mesin dan komponen kendaraan.

BACA JUGA:Fakta dan Mitos Seputar Produk Olahan Berbasis Protein

BACA JUGA:DPRD Kabupaten Bogor Evaluasi Lalu Lintas Puncak, Usai Seorang Wisatawan Meninggal Dunia

Selain itu, pengendara harus rutin memeriksa oli mesin dan kondisi ban sebelum menempuh perjalanan jarak jauh. Hal ini bertujuan untuk memastikan kendaraan tetap dalam kondisi prima dan mengurangi risiko kecelakaan. Motor sebaiknya dicek rutin di bengkel resmi untuk menghindari penggunaan suku cadang palsu yang bisa mengurangi performa kendaraan.

BACA JUGA:DPR: Kebijakan Kemasan Rokok Polos Tanpa Merek Berpotensi Merugikan Sektor Tembakau

BACA JUGA:Hadir Di Kenduri Sko Tigo Luhah, Deri Disambut Antusias Tokoh Adat dan Warga Setempat

Perawatan yang tepat dan pengecekan berkala dapat membantu pengendara menjaga performa sepeda motor tetap optimal serta menghindari risiko kecelakaan di jalan raya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: