Wujudkan Satu Data Indonesia, BPS dan Pemkot Jambi Canangkan Kelurahan Cantik

Wujudkan Satu Data Indonesia, BPS dan Pemkot Jambi Canangkan Kelurahan Cantik

BPS dan Pemkot Jambi Canangkan Kelurahan Cantik-Ist/jambi-independent.co.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Guna memaksimalkan target Satu Data Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS) kota Jambi bersama Pemerintah Kota Jambi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melaksanakan Pencanangan dan Pembinaan Program Pembinaan Desa/Kelurahan Cinta Statistik (Desa/Kelurahan Cantik) di Kelurahan Bagan Pete, Kecamatan Alam Barajo, kota Jambi, Rabu 11 September 2024. 

Dilaksanakan di Aula Kantor Lurah Bagan Pete, Pencanangan dan Pembinaan itu dibuka Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Jambi, Fahmi didampingi Kadis Kominfo Abu Bakar dan Kepala BPS Kota Jambi Refia Hendrita. 

Turut hadir dikesempatan itu, Lurah Bagan Pete Faisal Iskandar, perwakilan BPS Provinsi Jambi, perwakilan Bappeda kota Jambi, perwakilan Kecamatan Alam Barajo, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Ketua Forum RT, Ketua LPM dan Agen Statistik se-Kelurahan Bagan Pete, serta tamu undangan lainnya.

Membuka kegiatan itu, Asisten I Fahmi mengucapkan selamat kepada Kelurahan Bagan Pete yang terpilih menjadi percontohan untuk Pencanangan dan Pembinaan Desa/Kelurahan Cinta Statistik kota Jambi Tahun 2024 dalam program Desa/Kelurahan Cinta Statistik/Desa Cantik Se-Indonesia.

BACA JUGA:Kebakaran Melanda Rumah Nenek di Dusun Padang Pelangeh, Kabupaten Bungo

BACA JUGA:Usut Laporan Dugaan Penyelewengan Keuangan, Mabes Polri Turun ke Lokasi PON XXI

"Nantinya tidak hanya untuk Kelurahan Bagan Pete saja namun juga dapat diterapkan pada kelurahan lain dalam wilayah Kota Jambi, sehingga semua Kelurahan nantinya menjadi Kelurahan yang sadar akan pentingnya statistik bagi pembangunan Desa/Kelurahan guna mengelola dan memanfaatkan data untuk perencanaan pembangunan yang lebih tepat sasaran," ujarnya. 

"Untuk itu perlu kerjasama dan koordinasi yang baik dan berkelanjutan antara pemerintah daerah melalui Bappeda, Dinas Komunikasi dan Informatika, BPS, serta instansi terkait lainnya dalam melakukan pembinaan pengembangan program ini di seluruh kelurahan di Kota Jambi," lanjutnya. 

Fahmi menyebut, program Desa Cantik ini merupakan tonggak pendorong bagi pembangunan Desa/Kelurahan sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Untuk itu, Pemerintah Kota Jambi mendukung sepenuhnya pelaksanaan Desa/Kelurahan Cantik ini. 

BACA JUGA:Plt Kadis DTKK-UKM Jaelani Buka Sosialisasi Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Sektor Transportasi

BACA JUGA:Kompaknya Pasangan Suami Istri di Paal 10 Ini Pasang Baliho H Abdul Rahman-Guntur Muchtar

"Saat ini Desa/Kelurahan menjadi prioritas pembangunan nasional, dan ujung tombak dari pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat agar lebih tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat dengan berlandaskan data yang lengkap dan akurat," sebut Fahmi. 

Program Desa Cantik ini, kata Fahmi merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan kapasitas Kelurahan dalam mengelola dan memanfaatkan data, memperbaiki penyajian data untuk ketersediaan data  yang lebih baik, sehingga mendorong terbentuknya komunitas statistik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: