Perusahaan Media Mulai Gunakan REC PLN, Wujud Komitmen Pemanfaatan Energi Bersih

Perusahaan Media Mulai Gunakan REC PLN, Wujud Komitmen Pemanfaatan Energi Bersih

Perusahaan Media Mulai Gunakan REC PLN, Wujud Komitmen Pemanfaatan Energi Bersih--

Jakarta, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Perusahaan media kini mulai menggunakan energi bersih energi ramah lingkungan melalui layanan Renewable Energy Certificate (REC) dari PT PLN (Persero). Kolaborasi perdana ini ditunjukkan PLN bersama Kumparan sebagai komitmen nyata mendukung penggunaan energi ramah lingkungan di beberapa sektor termasuk media massa.

Penyerahan REC PLN setara 393 Megawatt hour (MWh) dilakukan dalam soft launching Green Initiative pada Rabu, 21 Agustus 2024.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, REC adalah bentuk nyata PLN dalam mendorong penggunaan energi bersih di berbagai sektor industri termasuk media massa. Penjualan REC ini juga memperkuat posisi PLN dalam mendukung daya saing industri nasional dengan memberikan opsi energi yang ramah lingkungan.

REC merupakan bentuk layanan PLN yang memudahkan pelanggan untuk mendapatkan pengakuan atas penggunaan EBT yang transparan, akuntabel, dan diakui secara internasional. Setiap sertifikat REC membuktikan listrik yang digunakan pelanggan berasal dari pembangkit EBT.

BACA JUGA:BPJS Ketenagakerjaan Muara Bungo Launching Perlindungan Pekerja Rentan Melalui Program Gerakan Dusun Membangun

BACA JUGA:Fahrul Ilmi: Mantan Presiden BEM Unja, Pemuda Visioner untuk Perubahan Kota Jambi

"REC merupakan salah satu inovasi produk hijau yang dimiliki PLN, di mana REC juga ada untuk validasi suatu perusahaan bahwa tenaga listrik yang digunakan berasal dari energi listrik hijau dan terverifikasi," kata Darmawan. 

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya Lasiran menjelaskan Kumparan membeli REC sistem unbundling sebanyak 393 unit yang bersumber dari pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Cirata. Dengan pembelian ini, menunjukkan REC PLN kian diminati pelanggan.

“Kami siap melayani kebutuhan pelanggan akan energi bersih, salah satunya melalui REC,” kata Lasiran.

Lasiran menambahkan, sejak Januari hingga Juli 2024, di Jakarta dan sekitarnya, tercatat sudah ada 160 pelanggan yang membeli REC dengan total 286.828 MWh.

BACA JUGA:Partai Gerindra Resmi Usung Haris-Sani di Pilgub Jambi 2024: Jambi Mantap Jilid II

BACA JUGA:Belum Punya Sertifikasi PPNS, Richi Saputra Batal Dilantik Jadi Kasat Pol PP Tebo

Founder & CEO Kumparan, Hugo Diba menegaskan komitmen Kumparan untuk menjadi pelaku industri yang aktif dan berpartisipasi dalam mendukung energi bersih. Hugo juga mengucapkan terima kasih untuk PLN karena telah mendukung Kumparan menjadi perusahaan dengan energi hijau. 

"Dengan pembelian REC dari PLN menjadi salah satu langkah nyata kami untuk menuju operasional yang lebih ramah lingkungan. Jadi ini merupakan bagian dari komitmen kami dengan seluruh stakeholder, dan society untuk bersama-sama mengedepankan aksi nyata di Indonesia," kata Hugo. ADV

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: