Ini 7 Cara Simpel Merawat Motor Matic Agar Tetap Prima

Ini 7 Cara Simpel Merawat Motor Matic Agar Tetap Prima

Cara merawat motor matic -Foto : Honda Sinar Sentosa-Jambi-independent.co.id

JAMBI,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID  – Pemilik sepeda motor di Provinsi Jambi sangatlah banyak, terutama yang tipe matic. 

Motor matic kini menjadi pilihan transportasi utama berkat kepraktisannya untuk berbagai aktivitas sehari-hari, mulai dari sekolah, bekerja, kuliah hingga perjalanan jauh. 

Honda menawarkan beragam varian motor matic seperti Honda BeAT, Honda Genio, Honda Vario, Honda Scoopy, Honda PCX, Honda ADV, Honda Forza dan New Honda Stylo 160, dengan sistem pembakaran karburator atau injeksi. 

Senior Technical Instructor PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) Erfinando mengatakan sayangnya banyak pemilik sepeda motor matic di Jambi belum sepenuhnya memahami pentingnya perawatan yang tepat. 

BACA JUGA:Kasus Ilegal Logging di Jambi, 4 Pelaku Coba Selundupkan Kayu Hutan, Nasibnya Kini di Tangan Polda Jambi

BACA JUGA:Gubernur Jambi Al Haris: Pemprov Fasilitasi Pemberian Tali Asih Kepada Keluarga Nenek Hapsah

Edukasi mengenai perawatan motor matic sangat penting untuk menjaga kendaraan tetap prima dan memaksimalkan kenyamanan serta keamanan berkendara. 

Berikut beberapa tips merawat sepeda motor matic agar tetap dalam kondisi prima:

1. Rutin panaskan mesin motor di pagi hari.

Memanaskan motor adalah sebuah cara merawat dengan memanaskan mesin agar oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga perfoma dari mesin itu lebih maksimal. 

Cara memanaskan motor matic yang baik adalah panaskan motor kurang lebih 3 menit sampai 5 menit dan sebaiknya menggunakan kick stater saja jika menggunakan stater elektrik tentunya akan lebih banyak mengurangi baterai dari motor tersebut.

2. Ganti oli secara berkala.

Perawatan motor matic yang satu ini tergolong hal paling penting. Untuk itu sebagai perawatan, lakukan sesuai dengan jadwal pergantian oli yang biasanya dilakukan setiap 1000 km dan untuk pergantian oli transmisi motor (oli gardan) maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 km. 

BACA JUGA:Selama 25 Tahun, Bank Jambi Berpredikat Sangat Bagus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: motor matic