Satgas TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi Beri Penyuluhan Stunting kepada Ibu dan Balita di Desa Suka Maju

Satgas TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi Beri Penyuluhan Stunting kepada Ibu dan Balita di Desa Suka Maju

Satgas TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi Beri Penyuluhan Stunting kepada Ibu dan Balita di Desa Suka Maju-Ist/jambi-independent.co.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim ke 121 Kodim 0415/Jambi, memberikan penyuluhan stunting kepada ibu dan balita di Kantor Balai Desa Suka Maju, Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi.

Penyuluhan stunting ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya gizi yang baik dan pola hidup sehat untuk mencegah stunting.

Dalam sosialisasinya, Ahli Gizi puskesmas Pondok Meja, Rima Trisnawati, mengatakan, stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis, infeksi berulang, dan stimulasi psikososial yang tidak memadai. 

"Stunting berdampak jangka panjang pada kesehatan dan kemampuan kognitif anak. Untuk itu, pencegahan sejak dini sangatlah penting," jelasnya.

BACA JUGA:Ini Rutinitas Satgas TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi Sebelum Mulai Pekerjaan di Sejumlah Lokasi

BACA JUGA:Satgas TMMD ke 121 Kodim 0415/Jambi Bersama Pemdes Suka Maju Rapat Pengerjaan Pembangunan Fisik

Ditambahnya, terdapat beberapa penyebab Stunting, di antaranya, kurang asupan gizi selama hamil, kebutuhan gizi anak kurang tercukupi, kurangnya pengetahuan ibu mengenai gizi, kurangnya pengetahuan dan keterampilan ibu dalam pola asuh anak, terbatasnya akses pelayanan kesehatan, kurangnya asupan air bersih dan sanitasi, dan kurangnya asupan makan bergizi.

"Untuk itu, juga terdapat langkah konkret dapat diambil untuk mencegah stunting, antara lain, dianjurkan untuk memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan bayi. Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) yang Bergizi. Peningkatan Sanitasi dan Kebersihan. Pemantauan Kesehatan Ibu Hamil," lanjutnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Ibu hamil harus mendapatkan asupan gizi yang cukup dan rutin memeriksakan kesehatannya. 

"Pentingnya meningkatkan pengetahuan keluarga tentang pentingnya gizi seimbang dan pola makan yang sehat," pungkasnya.

BACA JUGA:Satgas TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi dan Mahasiswa UNJA Bagikan Bendera Merah Putih kepada Warga

BACA JUGA:Kades Bukit Mas Senang dan Bersyukur Warganya Dapat Program TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi

Dari kegiatan tersebut, ia berharap masyarakat tak hanya bisa lebih paham akan pentingnya gizi sebagai kebutuhan tubuh, tapi juga bisa turut memperhatikan gizi anak agar bisa tumbuh sehat.

"Harapan kami, masyarakat harus paham serta mengerti akan pentingnya gizi sebagai kebutuhan tubuh kita. Karena itu sudah menjadi kewajiban untuk selau memperhatikan gizi anak agar mereka kelak tumbuh menjadi dewasa dengan sehat," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: