Satgas TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi Bantu Budidaya Ternak Jangkrik, Dorong Pertumbuhan UMKM

Satgas TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi Bantu Budidaya Ternak Jangkrik, Dorong Pertumbuhan UMKM

Satgas TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi membantu warga melakukan budidaya jangkrik.-ist/jambi-independent.co.id-

MUARO JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Di tengah kesibukan membangun infrastruktur di Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi, Satgas TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi tetap meluangkan waktu untuk membantu warga.

Mereka membantu meningkatkan usaha mikro kecil menengah (UMKM), salah satunya melalui budidaya ternak jangkrik.

Para prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD ini tidak hanya fokus pada pembangunan fisik, tetapi juga aktif mendukung ekonomi warga.

Terpantau, mereka turut membantu membersihkan kandang dan memberi makan jangkrik, sebuah langkah kecil namun berarti bagi masyarakat setempat.

BACA JUGA:Menyentuh Hati, Kebersamaan Satgas TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi Bersama Masyarakat Desa Sukamaju Mestong

BACA JUGA:Setor Pajak Hingga Rp52,39 Triliun, Dirjen Pajak Apresiasi Kontribusi Besar PLN Pada Negara

Tika (30), seorang peternak jangkrik yang telah belasan tahun menggeluti usaha ini, merasakan manfaat besar dari kehadiran Satgas TMMD. Selama ini, ia harus mengurus semua sendiri, namun sekarang ia mendapat bantuan dari para prajurit.

"Saya merasa sangat terbantu dengan adanya program ini. Para bapak TNI ini tidak hanya membangun infrastruktur, tetapi juga membantu masyarakat dalam kegiatan sehari-hari," ujar Tika dengan wajah penuh syukur.

Usaha ternak jangkrik yang dijalankan Tika memiliki pasar yang cukup luas, terutama sebagai pakan unggas dan untuk umpan pancing. Dalam sebulan, Tika mampu meraih omset dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

"Selain untuk pakan unggas, jangkrik juga digunakan untuk pancingan. Alhamdulillah, omsetnya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah," tambahnya.

BACA JUGA:Harga HP iPhone Terbaru di iBox Bulan Juli 2024, dari iPhone 11, iPhone 12 hingga iPhone 13 Turun Harga

BACA JUGA:Cek Simulasi Pinjaman KUR BRI 2024 Rp 20 Juta, Angsuran Rp 300 Ribuan Perbulan

Lebih dari sekadar dukungan ekonomi, kehadiran Satgas TMMD juga membawa rasa aman dan nyaman bagi Tika dan warga lainnya. Program TMMD ini telah memberikan dampak positif yang melampaui pembangunan fisik semata.

"Sejak ada bapak TNI di sini, kampung kami jadi lebih aman. Mengelola usaha jadi lebih enak dan tenang," tutup Tika dengan senyum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: