Tanjab Timur Kekurangan Ribuan Guru

Tanjab Timur Kekurangan Ribuan Guru

Tanjab Timur Kekurangan Ribuan Guru-Ist/jambi-independent.co.id-

"250 kuota yang kita usulkan itu, untuk mengisi kekurangan guru TK, SD dan SMP di Kabupaten Tanjab Timur," tuturnya.

Untuk mensiasati kekurangan guru ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjab Timur mendorong masing-masing sekolah, bila sekiranya dana APBD tidak mencukupi, pihak sekolah bisa menggunakan dana BOS untuk merekrut guru.

BACA JUGA:Pentingnya Pendidikan Pancasila

BACA JUGA:Tiga Hari Berjuang, Tim Berhasil Padamkan Karhutla di Talang Duku

"Kalau memang guru itu linier untuk masuk ke sekolah itu, yakni pendidikannya S1, orangnya memang benar-benar ingin mengajar di sana dan bisa ditunjang dengan dana BOS, itubisa segera koordinasi dengan kami selanjutnya Surat Perjanjian Kerja (SPK) nya kita setujui," ungkapnya.

Selain itu, agar setiap tahunnya jumlah guru di Kabupaten Tanjab Timur tidak mengalami kekurangan yang sangat drastis, Pemkab Tanjab Timur juga memiliki aturan agar guru yang ada saat ini tidak leluasa pindah ke luar kabupaten atau daerah lainnya.

"Guru TK, SD dan SMP yang diterima bekerja di sini tidak boleh mengajukan pindah tugas ke luar Kabupaten Tanjab Timur selama 10 tahun masa pengabdian. Itu terbukti, banyak yang sudah mengajukan pindah belum mendapat rekomendasi. Tapi kalau ada guru yang mau pindah tugas ke sini, itu bisa segera diterima," ujarnya.

Mengakhiri wawancaranya, Refli menyebutkan, untuk di Kabupaten Tanjab sendiri, jumlah TK ada 67, SD sekitar 500 dan SMP 50.

BACA JUGA:Waduh, Viral Roti Aoka Diduga Mengandung Bahan Pengawet Kosmetik, Ini Kata Manajemen

BACA JUGA:Simak Harga Emas Antam Terbaru Minggu 21 Juli 2024

"Kalau jumlah guru honor yang ada saat ini sekitar 814 orang dan itu belum lulus PPPK. sedangkan guru ASN dan PPPK, ada sekitar 3.200 orsng," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: