Menyimak Persiapan Pelaksanaan Upacara Bersejarah HUT Ke-79 RI di IKN

Menyimak Persiapan Pelaksanaan Upacara Bersejarah HUT Ke-79 RI di IKN

Presiden Joko Widodo, bersama rombongan meninjau pembangunan Hotel Nusantara di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.-ANTARA-

KALTIM, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pemerintah telah menetapkan perayaan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI tingkat nasional  pada 17 Agustus 2024, dilaksanakan di dua lokasi berbeda secara bersamaan.

Perayaan HUT ke-79 RI ini, digelar di Istana Merdeka, Jakarta dan Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim).

Tema HUT Ke-79 RI tahun ini bertajuk "Nusantara Baru Indonesia Maju".

Upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI akan diselenggarakan di IKN, sementara Istana Merdeka Jakarta akan difokuskan untuk pelaksanaan hiburan bagi masyarakat.

BACA JUGA:Tahan Laju Perubahan Iklim Global, BMKG Resmikan Tower Pemantau Gas Rumah Kaca sebagai Langkah Nyata

BACA JUGA:FKIK UNJA Gandeng Maastricht University Belanda Adakan Workshop IPE Berbasis Komunitas

Upacara detik-detik proklamasi dan pengibaran bendera di IKN akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo dan didampingi Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto.

Upacara ini akan menjadi upacara bersejarah, karena untuk pertama kalinya diselenggarakan di luar Jakarta.

Sedangkan di Istana Merdeka, Jakarta, Wakil Presiden Ma’ruf Amin didampingi Wakil Presiden RI Terpilih Gibran Rakabuming Raka, akan mengikuti jalannya upacara di IKN secara daring, sebelum pelaksanaan hiburan untuk rakyat.

Berbagai persiapan terus dilakukan pemerintah untuk menyukseskan upacara kemerdekaan perdana di IKN, yang akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo itu.

BACA JUGA:Mempercepat Penuaan, Kurangi Konsumsi 7 Makanan yang Bisa Membuah Kulit Cepat Keriput

BACA JUGA:Mobil Off-Road Listrik Pertama di Indonesia, Ini Penampakan Chery iCar 03

Berdasarkan catatan ANTARA, pada 11 Juli 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa air, listrik hingga jaringan internet akan siap digunakan saat pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Basuki mengatakan sejumlah bangunan Kementerian Koordinator di IKN juga akan ada yang bisa dioperasikan dan dimanfaatkan sebagai tempat untuk Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), petugas upacara, hingga tamu undangan lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: