Bahaya Minum Es Teh saat Makan, Ini Pengaruh Kesehatan yang akan Dirasakan

Bahaya Minum Es Teh saat Makan, Ini Pengaruh Kesehatan yang akan Dirasakan

Bahaya minum air es teh saat makan-Foto : ilustrasi-Net

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Ini bahaya minum es teh saat makan. Bisa pengaruhi kesehatan tubuh. Ada banyak orang yang suka minum es teh saat makan.

Segelas es teh yang dingin memang nikmat  untuk menemani makanan. Apalagi di cuaca yang panas.

Namun ternyata  kebiasaan ini sangat  berbahaya bagi kesehatan. Diantaranya adalah :

1. Menyebabkan Dehidrasi

Meskipun es teh terlihat menyegarkan, ternyata minuman ini bisa menyebabkan dehidrasi. Kandungan kafein dalam teh memiliki efek diuretik, yang artinya bisa meningkatkan produksi urine dan menyebabkan tubuh kehilangan lebih banyak cairan. 

BACA JUGA:Gampang Goyah, Ini 5 Zodiak Cepat Terpengaruh dengan Pikiran Orang Lain

BACA JUGA:Apresiasi Pemprov Pertahankan Predikat WTP, Ketua DPRD Jambi: Catatannya Perlu Dievaluasi

Minum es teh saat makan bisa membuat kamu merasa lebih cepat haus, dan dalam jangka panjang, bisa mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh. Pastikan kamu tetap terhidrasi dengan baik dengan minum air putih yang cukup setiap hari.

2. Meningkatkan Risiko Kerusakan Gigi

Es teh, terutama yang ditambahkan gula, bisa meningkatkan risiko kerusakan gigi. Kandungan gula dalam es teh bisa menjadi makanan bagi bakteri di mulut yang menghasilkan asam dan merusak enamel gigi. 

Minum es teh saat makan juga bisa membuat sisa-sisa makanan lebih mudah menempel pada gigi, meningkatkan risiko pembentukan plak dan gigi berlubang. Jadi, lebih baik pilih air putih untuk menemani makanmu agar gigi tetap sehat.

3. Memperburuk Kondisi Pencernaan

Minum es teh saat makan juga bisa memperburuk proses pencernaan. Air es bisa menyebabkan pembuluh darah di perut menyempit, sehingga aliran darah ke organ pencernaan berkurang. Hal ini membuat proses pencernaan makanan jadi lebih lambat dan tidak efisien. 

Selain itu, suhu dingin dari es teh bisa mengganggu enzim-enzim pencernaan yang bekerja optimal pada suhu tubuh normal. Akibatnya, makanan yang kamu makan bisa terasa lebih berat di perut dan menyebabkan rasa tidak nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: