Waspada, Ini Ciri Ciri HP Kena Retas, Ini Cara Mengatasinya

Waspada, Ini Ciri Ciri HP Kena Retas, Ini Cara Mengatasinya

Ciri ciri HP kena hack atau kena retas-Foto : ilustrasi-Net

4. Penggunaan data internet sangat tinggi

Pemakaian data internet yang meningkat secara signifikan tanpa alasan bisa menjadi tanda-tanda ponsel disadap. 

Pasalnya, aplikasi tersembunyi memerlukan akses internet agar peretas terus dapat mencuri data atau bahkan menguasai ponsel dari jarak jauh. 

5. Tidak ada panggilan atau pesan masuk

Selain riwayat komunikasi yang tidak dibuat, pengguna mungkin juga akan mendapati ponsel yang tidak bisa digunakan untuk melakukan atau menerima panggilan dan pesan. 

Hal itu bisa terjadi lantaran ponsel telah disetel sedemikian rupa oleh pihak bertanggung jawab agar tidak bisa berkomunikasi. 

BACA JUGA:Cocok untuk Cemilan saat Weekend, Ini Resep Popcorn Caramel Anti Gagal

BACA JUGA:iPhone 13 Kini Sedang Turun Harga Hingga 30 Persen di iBox, Stok Terbatas!

6. Muncul aplikasi tidak dikenal

Aplikasi yang tiba-tiba terpasang di ponsel juga menjadi ciri-ciri ponsel diretas. Aplikasi tersebut bisa mencuri data pengguna bahkan data terkait keuangan perbankan, sehingga merugikan secara financial.

7. Daya baterai cepat habis dengan tidak wajar.

Baterai ponsel merupakan barang habis pakai yang memiliki usia optimal akibat pengaruh pola penggunaan dan kondisi lingkungan. 

Namun, daya baterai ponsel yang boros atau cepat habis tanpa alasan patut diwaspadai. Pasalnya, kemungkinan terdapat aktivitas yang mencurigakan di belakang ponsel tersebut. 

8. Performa ponsel buruk.

Apabila ponsel mulai terasa lambat, tidak responsif, atau bahkan macet, maka pengguna perlu mewaspadainya. Hal itu bisa menjadi pertanda bahwa terdapat gangguan pada sistem operasi perangkat digital akibat peretas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: