Setara Pahala Haji dan Umrah, Ini Amalan yang Bisa Dilakukan di Bulan Zulhijjah

Setara Pahala Haji dan Umrah, Ini Amalan yang Bisa Dilakukan di Bulan Zulhijjah

Amalan di bulan Dzulhijjah setara haji dan umrah-Foto : ilustrasi-Net

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Bulan Zulhijah merupakan salah satu bulan istimewa bagi umat muslim di dunia.

Pada bulan ini, umat Islam yang mendapatkan kesempatan waktunya pergi Baitullah melaksanakan ibadah haji yang merupakan rukun Islam ke lima.

Namun tidak semua orang memiliki kesempatan untuk mendatangi Mekkah dan melaksanakan ibadah haji. Nah, bagi Anda yang belum mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji, Anda bisa tetap mendapatkan pahalanya jika melaksanakan beberapa amalan.

Amalan ini merupakan firman Allah dan dimuat dalam Al-Quran. Barang siapa yang melakukan amalan ini di 10 hari pertama Zulhijjah, maka pahalanya setara dengan Haji dan Umrah.

BACA JUGA:SKK Migas Luncurkan Inovasi Teknologi SPEKTRUM di Pre IOG SCM Summit 2024 Surabaya

BACA JUGA: 9 Kecerdasan Anak yang Harus Diketahui Orang Tua, Agar Orang Tua Bisa Menstimulasi Dengan Maksimal

Dalam Al-Qur'an, Allah SWT telah berfirman:

وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَّعْلُومَاتٍ

Artinya: "Dan mereka yang menyebut nama Allah pada hari-hari yang telah masyhur" (QS. Al-Hajj: 28).

Dikutip dari Kemenag, ditegaskan bahwa hari-hari masyhur yang dimaksud adalah 10 hari pertama bulan Zulhijjah. Hal ini sebagaimana juga dijelaskan di dalam hadits Rasulullah SAW.

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ يَعْنِي أَيَّامَ الْعَشْرِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ إِلَّا رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ.

Artinya: "Tiada hari-hari yang amal shalih di dalamnya lebih dicintai Allah daripada hari-hari ini. Yakni 10 hari pertama dari bulan Zulhijjah. Mereka (para shahabat) bertanya: "Wahai Rasulullah, dan tidak juga berjihad di jalan Allah (lebih utama darinya)?", beliau bersabda: "Dan tidak juga berjihad di jalan Allah (lebih utama darinya), kecuali seseorang yang berjuang dengan dirinya dan hartanya lalu ia tidak kembali dengan apapun." (HR Bukhari dan Muslim)

Orang-orang yang berjuang dengan dirinya dan hartanya, tapi bukan dalam bentuk jihad, yang dimaksudkan di sini adalah berupa 10 amalan. Jika dilaksanakan maka pahalanya melebihi pahala jihad dan setara dengan berhaji dan umrah.

BACA JUGA:Polisi Periksa Nakhoda dan ABK Tongkang Batu Bara yang Tabrak Kerambah Ikan Warga Muaro Jambi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: