Rapat Paripurna DPR Kabulkan Naturalisasi Verdonk dan Jans Raven Untuk Perkuat Timnas

Rapat Paripurna DPR Kabulkan Naturalisasi Verdonk dan Jans Raven Untuk Perkuat Timnas

DPR RI setuju naturalisasi Verdonk--ist/jambiindependent.co.id

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - DPR RI resmi menyetujui Naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven dalam Rapat Paripurna ke-19 Masa Persidangan V 2023/2024, Selasa 4 Juni 2024.

Ketua DPR RI, Puan Maharani, menyetujui pemberian kewarganegaraan Indonesia kepada Calvin Verdonk dan Jens Raven.

"Apakah permohonan pemberian pertimbangan kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama saudara Calvin Ronald Verdonk dan saudara Jens Raven dapat disetujui?," tanya Ketua DPR RI Puan Maharani dalam Rapat Paripurna DPR RI.

Pertanyaan itu dijawab dan disetujui oleh seluruh anggota dan perwakilan fraksi yang hadir dalam rapat paripurna tersebut.


Sebelumnya, naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven telah mendapatkan persetujuan dari Komisi X dan Komisi III DPR dalam rapat kerja (raker) dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta PSSI pada Senin 3 Juni 2024.

BACA JUGA:Dapat Dukungan dari NasDem di Pilwako Jambi 2024, H Abdul Rahman: Untuk Kota Jambi Lebih Baik dan Modern

BACA JUGA:Jorge Martin Resmi Gabung Aprilia, Marquez Tandem Bagnaia Bersama Ducati Lenovo

"Berdasarkan hasil keputusan Komisi X dan Komisi III menyetujui permohonan Calvin Verdonk dan Jens Raven yang selanjutnya disetujui dalam Rapat Paripurna DPR. Setuju (Permohonan naturalisasi Verdonk dan Raven). Selanjutnya mekanisme permohonan naturisasi Verdonk dan Raven akan mengikuti mekanisme yang berlaku," kata Puan dilanjut dengan ketok palu.

Selanjutnya, naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven tinggal menunggu penerbitan Keputusan Presiden (Keppres) dan pengambilan sumpah oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Setelah itu PSSI akan mengurus proses naturalisasi terkait perpindahan federasi kedua pemain ini dari Belanda ke Indonesia.


Anggota Exco PSSI Arya Sinulingga pun meminta doa agar proses naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven bisa selesai dalam 24 jam. Hal tersebut diungkapkan Arya lewat Instagram pribadinya pada, Selasa 4 Juni pagi.

"Jalannya masih berliku. Tapi kita hanya punya waktu 24 jam. Semoga," Tulis Arya.

"Doakan waktunya hanya 24 jam untuk menyelesaikan semuanya," jelas Arya dalam postingannya.

BACA JUGA:Biar Kantong Gak Bolong di Akhir Bulan, Ini Tips Jitu Mengatur Keuangan saat Gaji Pas Pasan

BACA JUGA:Kylian Mbappe Resmi Gabung Real Madrid Kontrak 5 Tahun

Calvin Ronald Verdonk yang berusia 27 tahun merupakan pemain di Liga Utama Belanda (Eredivisie) yang memperkuat klub NEC Nijmegen dan berposisi sebagai pemain bertahan. Verdonk disiapkan untuk membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia menghadapi Irak dan Filipina.

Sedangkan Jens Raven masih berusia 18 tahun yang memperkuat klub FC Dordrecht U 21 dan berposisi sebagai penyerang. Raven dipersiapkan untuk membela Garuda Muda di Piala Toulen Cup 2024 di  Prancis mendatang.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diolah dari berbagai sumber