Catat! 6 Manfaat Rambutan Untuk Kesehatan Tubuh, Ampuh Menurunkan Berat Badan

Catat! 6 Manfaat Rambutan Untuk Kesehatan Tubuh, Ampuh Menurunkan Berat Badan

Manfaat Rambutan Untuk Kesehatan Tubuh-ist/jambi-independent.co.id-freepik.com

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Rambutan adalah salah satu buah tropis yang kerap tidak diperhatikan, padahal memiliki banyak manfaat. Rambutan mungkin tidak sepopuler mangga atau pisang, namun buah ini kaya akan nutrisi dan manfaat kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui oleh orang – orang.

Seperti buah lainnya, rambutan kaya akan nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium dan vitamin C. Selain itu, buah rambutan juga mengandung magnesium, folat, zinc, kolin, dan aneka vitamin lain, seperti vitam A dan vitamin B. buah rambutan juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, seperti anthocyanin, senyawa fenolik, dan flavonoid.

Dikarenakan kandungan nutrisinya yang melimpah, buah rambutan dapat memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, diantaranya : 

1. Melancarkan pencernaan

Rambutan dikenal sebagai buah yang mengandung banyak serat. Kandungan serat ini membantu dalam meningkatkan kelancaran sistem pencernaan dan proses pengeluaran tinja ketika buang air besar.

BACA JUGA:Dihadiri Gubernur Jambi Al Haris, 235 Jamaah Haji Asal Sarolangun Diberangkatkan

BACA JUGA:Kebiasaan Buruk Pria yang Dapat Menyebabkan Penurunan Kesuburan

Dengan memastikan asupan serat yang cukup dari buah rambutan atau buah dan sayuran lainnya, kamu dapat mencegah terjadinya sembelit.

2. Memperkuat daya tahan tubuh

Rambutan juga dianggap sebagai salah satu sumber vitamin C yang bermanfaat. Di samping itu, buah ini memiliki kandungan vitamin A dan antioksidan. Kandungan yang ada dalam buah rambutan berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Dengan sistem daya tahan tubuh yang lebih tinggi, badanmu mampu melawan patogen seperti bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit dengan lebih efektif.

3. Menjaga kesehatan jantung 

Seperti buah-buahan lain yang kaya akan kalium, rambutan juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kalium merupakan mineral penting yang membantu menurunkan dan menjaga tekanan darah tetap stabil.

BACA JUGA:Jelang Pilkada, Salah Satu ASN Pemkab Tebo Ajukan Pensiun Dini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: