Orang Tua Harus Tahu! 8 Karakter Anak yang Harus Dibangun Sejak Dini

Orang Tua Harus Tahu! 8 Karakter Anak yang Harus Dibangun Sejak Dini

Bangun karakter empati sejak dini pada anak supaya anak bisa merasakan perasaan orang lain dan mudah bersosialisai -ist/jambi-independent.co.id-freepik.com

Orang tua harus mengajarkan dan menjadi contoh dalam hal kejujuran kepada anak, serta memberikan penjelasan pentingnya berkata jujur walaupun sulit.

Dengan orang tua yang telah membangun karakter jujur pada anak, dapat membantu anak menjadi individu yang dapat dipercaya.

2. Empati

Karakter anak yang harus dibangun sejak dini kedua adalah empati, karena dengan anak berempati dapat memahami perasaan orang lain.

BACA JUGA:Kemenag Sebut Penerbangan Garuda untuk Pemberangkatan Jemaah Haji Masih Sering Terlambat

BACA JUGA:Wabup Tanjab Timur Berharap Perda Harus Ada Kesinambungan antara Pemkab dan DPRD

Orang tua harus mengajarkan kemampuan akan memahami perasaan orang lain ke anak, dengan cara memberikann contoh seperti berbagi, merawat hewan peliharaan dirumah, dan yang lainya.

Dengan orang tua mengajarkan karakter empati ini, anak akan mampu peka terhadap perasaan dan kebutuhan orang lain, sehingga bagus untuk kemampuan sosialnya.

3. Adil

Karakter anak yang harus dibangun sejak dini ketiga adalah adil, supaya anak bisa memperlakukan orang lain dengan hormat, terlepas dari perbedaan mereka.

Karena anak yang memiliki karakter adil akan tumbuh menjadi individu yang dapat menghargai hak-hak orang lain, serta mampu mengambil keputusan yang objektif.

BACA JUGA:Buruh Harian Lepas Setubuhi Gadis di Bawah Umur, Polisi : Sudah Dua Kali

BACA JUGA:Jelang Peringatan Harlah Pancasila, Pemda Terus Matangkan Persiapan Upacara 1 Juni di Blok Rokan

Sehingga orang tua wajib mengajarkan karakter adil kepada anak sejak dini, supaya sudah terbiasa.

4. Tanggung Jawab

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: