4 Tradisi Unik Perayaan Idul Adha di Berbagai Daerah di Indonesia

4 Tradisi Unik Perayaan Idul Adha di Berbagai Daerah di Indonesia

Tradisi Idul Adha di Berbagai Daerah di Indonesia-ist/jambi-independent.co.id-phinemo.com

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Sebentar lagi hari raya idul adha akan tiba. Biasanya sebelum idul adha berlangsung ada, kegiatan atau tradisi tertentu yang di adakan di suatu daerah. Di beberapa daerah di Indonesia, memiliki budaya yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa budaya unik menjelang idul adha di Indonesia. 

1. Manten Sapi di Pasuruan

Tradisi ini selalu di lakukan oleh masyarakat Pasuruan, Jawa Timur. Para masyarakat setempat sehari sebelum Idul Adha, sapi-sapi akan dimandikan dengan air kembang tujuh rupa dan di hias.

Para sapi iju di hiasi dengan, kembang tujuh rupa dan kain putih. Selanjutnya para sapi akan di arak berkeliling desa, seperti pengantin. Setelah itu baru sapi diberikan ke pantia kurban di masjid atau musholla setempat.

Tujuan dari tradisi ini ialah menghormati hewan kurban sebeleun dikurbankan atau di sembelih.

BACA JUGA:LLDIKTI Harap Unbari Tingkatkan Mutu dengan Perhatikan Linearitas Dosen

BACA JUGA: Ratusan PPPK di Tebo Belum Gajian 2 Bulan, Ini Kata Pj Bupati Tebo Varial Adhi Putra

2. Grebeg Gunungan di Yogyakarta

Tradisi grebeg Gunungan merupakan tradisi unik yang, berasal dari masyarakat Yogyakarta. Grebeg Gunungan ini berupa gunungan hasil bumi yang dikumpulkan dan dipersiapkan, beberapa hari sebelum Idul Adha.

Gunungan ini disusun menjadi tiga tingkat atau tiga lapis. Yang kemudian di arak untuk mengelilingi kota. Mulai dari halaman keraton hingga di masjid gedhe kauman.

Para umat muslim yang hadir dan berada di lokasi, diperbolehkan mengambil dan saling berebut hasil bumi di gunungan tersebut.

Dengan keyakinan apabila telah berhasil mengambil hasil gunungan, maka akan mendapatkan kelimpahan rezeki di hari mendatang.

BACA JUGA:Gubernur Jambi Al Haris Resmikan Gedung Gereja GBKP, Harap Tingkat Religius Jamaat Meningkat

BACA JUGA:Tragis, Bocah 2 Tahun Tewas Ditabrak Mobil Toyota Fortuner, Pengemudi Wajab Pahami Titik Blind Spot

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: