SKK Migas PetroChina Kembangkan Potensi Perpustakaan Cendikia Geragai Dengan Mendirikan Taman Literasi

SKK Migas PetroChina Kembangkan Potensi Perpustakaan Cendikia Geragai Dengan Mendirikan Taman Literasi

SKK Migas PetroChina Kembangkan Potensi Perpustakaan Cendikia Geragai Dengan Mendirikan Taman Literasi--

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Sejak didirikan dan diresmikan pada tahun 2022 lalu, Perpustakaan Cendekia Kelurahan Pandan Jaya, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, kini sudah berkembang pesat. Pihak SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd, berencana akan memenfaatkan lokasi Perpustakaan Cendikia sebagai kawasan literasi yang membawa banyak manfaat.

Sebelum dibangunnya Taman Literasi, Perpustakaan Cendekia sering mengadakan kegiatan kegiatan yang bersifat positif seperti talk show dengan berbagai tema, kursus-kursus dan juga dijadikan tempat untuk latihan-latihan olahraga dan seni budaya.

Dari kegiatan-kegiatan yang pernah diadakan, SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd kemudian mendukung dan memfasilitasi untuk mendirikan ruang ekspresi bagi komunitas yang ada di Perpustakaan Cendekia agar terus berkembang dan juga mempunyai unit usaha.

"Perkembangan Perpustakaan Cendikia ini cukup bagus, sehingga banyak kegiatan yang dilaksanakan disini. Komunitas itu kan seyogyanya memerlukan dana untuk biaya operasional, jadi kami membuat kira-kira apa yang bisa menjadi pendapatan mereka, itulah yang mendorong kita untuk membuat Cafe Literasi ini," kata Ahmad Ramadlan selaku Comdev Supervisor PetroChina International Jabung Ltd.

BACA JUGA:SKK Migas PetroChina Dukung Eldo Class dan Perpustakaan Cendikia Gelar Kegiatan Kelas Canva

BACA JUGA:PLN Kebut Perbaikan Jaringan Terdampak Banjir di Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan

Melihat potensi yang ada, SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd berencana akan mengembangkan Perpustakaan Cendikia menjadi suatu tempat yang dipusatkan untuk kegiatan kegiatan yang positif dan bermanfaat. Sekarang sudah ada perpustakaan dan cafe dan juga area terbuka yang bisa menjadi taman dan tempat pertunjukan.

"Jadi tempat ini akan diberi nama dengan Taman Literasi. Kegiatan yang sifatnya literasi dan yang lainnya bisa diadakan disini," sebutnya.

Sebelum menuju ke arah sana, akan terlebih dahulu akan mempersiapkan pengelolanya dengan membekali peningkatan kapasitas pengetahuan dan keterampilan yang melibatkan pemuda sekitar.

"Disamping itu juga kita bekerjasama dengan komunitas-komunitas untuk memperkuat konten literasinya, seperti mendongeng, pelatihan menulis, literasi digital, literasi budaya dan yang lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk masyarakat umum," jelasnya.

BACA JUGA:Masih Muda kok Sudah Asam Urat? Ternyata Ini Penyebabnya

BACA JUGA:Sulit Pindah ke Lain Hati, Ini 5 Zodiak Butuh Waktu Lama Move On dari Mantan

Salah satu anggota Perpustakaan Cendikia, Siti Nurfaiza menuturkan, bahwa untuk meningkatkan pengunjung di perpustakaan ini akan terus mengadakan kegiatan setiap bulannya. Dan meskipun tidak ada kegiatan, perpustakaan ini akan tetap ramai, karena akan ada Cafe Literasi.

"Insya Allah Cafe Literasi ini akan buka sekitar bulan Juni atau Juli nanti. Jadi kalau sudah ada cafe ini, perpustakaan kita akan ramai juga dikunjungi," ucapnya.

Untuk diketahui, bahwa SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd berkolaborasi bersama Eldo Class dan Perpustakaan Cendikia melaksanakan pelatihan desain gambar dan video editing CANVA untuk para mahasiswa, pelajar, guru dan masyarakat umum yang digelar di Cafe Literasi, Sabtu 25 Mei siang. Kegiatan berjalan dengan lancar dan para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan yang digelar hingga selesai.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: