Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan, Penting untuk Kamu Ketahui

Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan, Penting untuk Kamu Ketahui

Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan-Ist/jambi-independent.co.id-Freepik.com

1. Menjaga Kesehatan Jantung.

Dengan melakukan donor darah, maka peredaran darah akan lancar, dan siklus darah akan berganti. Penelitian menyebutkan bahwa, dengan rutin mendonorkan darah maka, resiko serangan jantung akan turun sekitar 88%.

2. Mendeteksi Penyakit

Sebelum melakukan donor maka, anda melakukan serangkaian tes kesehatan. Yang dimana anda akan diperiksa di fasilitas kesehatan.

Dan dengan hal ini anda akan mengetahui ada atau tidak nya penyakit didalam tubuh anda. Proses ini dilakukan agar tidak merugikan penerima donor darah.

3. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah.

Saat melakukan donor darah maka, anda akan kehilangan darah dalam tubuh anda.

Setelah mendonorkan darah maka sumsum tulang belakang, akan memproduksi sel darah merah yang baru, menggantikan sel darah merah yang telah keluar.

BACA JUGA:Pj Bupati Bachyuni Berhasil Turunkan Angka Stunting

BACA JUGA:Pernah Dengar Bawang Batak? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Dengan rutin mendonorkan darah, menstimulasi sumsum tulang belakang untuk membentuk sel darah merah yang lebih segar dan baru.

4. Menolong orang lain

Dengan anda mendonorkan darah anda berati, anda telah menyelamatkan satu nyawa orang lain.

Itulah beberapa informasi mengenai donor darah. Donor darah dapat membantu orang lain, dan membuat tubuh lebih sehat apabila kita melakukannya dengan benar. 

Jika anda berniat mendonorkan darah secara sukrela, anda bisa mendonorkan darah baik di bank darah, yang ada dirumah sakit terdekat atau ke palang merah indonesia (PMI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: