Macet Mudik 2024, Kendaraan Terjebak hingga Belasan KM, Menhub Ungkap Penyebabnya

Macet Mudik 2024, Kendaraan Terjebak hingga Belasan KM, Menhub Ungkap Penyebabnya

Macet mudik 2024 di pelabuhan merak. Menhub mengimbau pemudik pulang di hari Jumat atau Sabtu minggu ini.-Foto : ist-Net

"Nah apa yang kita lakukan? kami datang bersama Pak Menko PMK, dengan TNI dengan Polri lalu kita rapatkan beberapa cara bertindak yang efektif, kemarin. Pagi masih belasan kilo lalu kita lakukan mitigasi bahwa kapal itu kalau di Bakauheni, tidak boleh muat, sehingga dia bisa balik, dan relatif cepat. Dan di sini nggak bongkar. Jadi cepat untuk menarik," ujarnya.

Kakorlantas Irjen Aan Suhanan sebelumnya mengatakan pihaknya sudah melakukan evaluasi terhadap kemacetan yang terjadi di pintu masuk menuju Pelabuhan Merak. Aan mengatakan macet itu diakibatkan pemudik yang berangkat di hari sebelumnya dari hari keberangkatan.

BACA JUGA:Ini Update Pembangunan Jalan Khusus Batu Bara di Jambi Menurut Gubernur Jambi Al Haris

BACA JUGA:5 Wisata Air di Merangin yang Wajib Dikunjungi saat Libur Lebaran

"Ini tadi dari evaluasi kita rapat di Merak, untuk para pemudik yang akan menyeberang, biasanya kan sudah punya tiket, sudah beli tiket. Tiket harusnya besok, dia berangkat hari ini, itu akibatnya menumpuk di situ," kata Aan di Command Center Tol Japek Km 29.

Aan mengimbau para pemudik untuk berangkat di hari keberangkatan. Dia juga mengimbau pemudik untuk membeli tiket pada H-1.

"Jadi sesuaikan waktunya untuk tiket ini, kalau besok ya besok berangkatnya, jangan hari ini. Kemudian membeli tiket H-1, biar kita juga bisa melihat trennya angka yang akan masuk ke pelabuhan itu berapa, jadi kita siap untuk rekayasa lalu lintasnya," ujarnya.

Lebih lanjut, Aan menyebut kemacetan itu sempat terjadi sepanjang 7 kilometer.

BACA JUGA:Tragedi Kecelakaan di Km 58 Tol Jakarta-Cikampek, 12 Orang Meninggal Dunia

BACA JUGA:8 Menu Lebaran yang Tak Boleh Ketinggalan di Hari Raya

"(Kemacetan) dari pelabuhan sampai ke gate itu sekitar 7 kilo, tadi pagi dari gate ke belakang 3 kilo," ujarnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: