Kisah Nabi Sulaiman Mencoba Memberi Makan untuk Seluruh Makhluk Bumi, Ini Ceritanya

Kisah Nabi Sulaiman Mencoba Memberi Makan untuk Seluruh Makhluk Bumi, Ini Ceritanya

Kisah Nabi Sulaiman saat mencoba memberi makan makhluk bumi.-ist/jambi-independent.co.id-freepik.com

Setelah seluruh makanan tersebut diatur, ternyata panjangnya setara dengan jarak satu bulan perjalanan, dan lebarnya diperkirakan sama dengan panjangnya.

Setelah persiapan selesai, Nabi Sulaiman mengundang seluruh makhluk untuk datang menyantap hidangan yang telah disiapkan. 

BACA JUGA:BMKG Keluarkan Perkiraan Hujan Lebat, Warsi: Waspadai Bencana Banjir

BACA JUGA:Sebelum Meninggal Dunia, Santri Ponpes Raudhatul Mujawwidin Tebo Sempat Dipukuli dengan Kayu

Allah SWT memberi wahyu kepada Nabi Sulaiman as. “Makhluk manakah yang akan memulai?” Nabi Sulaiman as menjawab: “Mereka yang menetap di darat dan di laut”.

Maka Allah swt memerintahkan ikan-ikan laut golongan besar jenis ikan kakap, Hiu dan lain-lain agar memenuhi panggilan Nabi Sulaiman as.

Ikan ini kemudian menyantap apa yang sudah dipersiapkan Nabi. Tidak disangka, ternyata makanan yang begitu banyak tersebut tidak mampu membuat ikan-ikan ini kenyang.

“Hai Sulaiman, kenyangkanlah perutku, kini aku masih merasa lapar”. Jawab Nabi Sulaiman as: “Belum kenyangkah kamu?” Sahutnya: “Hingga saat ini aku masih belum terasa kenyang”.

BACA JUGA:Subhanallah, Ini Keajaiban Doa Iftitah yang Mampu Membuka Pintu Langit

BACA JUGA:Doa Nabi Ibrahim Ini Baru Terkabul Setelah 3.000 Tahun, Apa Isinya?

Seketika itu Nabi Sulaiman bersujud memohon ampun kepada Allah SWT. Ternyata kekayaannya yang demikian banyak tidak mampu memberi makan semua makhluk seperti yang dipikirkannya. Bahkan untuk ikan saja makanan tersebut masih kurang. 

Nabi Sulaiman as berkata: “Maha suci Allah swt yang telah menjamin rizki setiap makhluk-Nya”. Meski menjadi manusia terkaya sepanjang sejarah, namun Nabi Sulaiman tidak akan mampu menandingi kekayaan yang dimiliki Allah SWT. Wallahua’lam.

“Dan tidak satu pun makhluk bergerak di bumi melainkan dijamin Allah rezekinya” (Surah Hud, ayat 6). Wallahua’lam.

Kisah ini mengajarkan kita tentang pentingnya tawakkal (bertawakal) kepada Allah SWT dan mengakui bahwa segala kekayaan dan rezeki datang dari-Nya. 

BACA JUGA:Rupanya, Nabi Adam Pernah Berdebat dengan Nabi Musa, Apa yang Dibahas?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: