Rupanya, Nabi Adam Pernah Berdebat dengan Nabi Musa, Apa yang Dibahas?

Rupanya, Nabi Adam Pernah Berdebat dengan Nabi Musa, Apa yang Dibahas?

Peristiwa pengusiran Nabi Adam dari surga tercatat dalam Alquran surah Al Baqarah ayat 36, yang menjelaskan bahwa setan telah menggelincirkan Adam dan Hawa dari surga. 

Hadits dalam Kitab Shahih Muslim juga menegaskan bahwa peristiwa ini terjadi pada hari Jumat, menjadikan hari tersebut penting dalam sejarah.

BACA JUGA:Nikmati Flash Sale POCO Series, Beli HP Baru Cuma Sejutaan

BACA JUGA:Pernah Gagal Tes Polri, Kini Bripda Yudhistira Salwanegara Bikin Bangga Polda Jambi di Tingkat Nasional

Dikeluarkannya Nabi Adam AS dari surga termaktub dalam surah Al Baqarah ayat 36. Allah SWT berfirman,

فَاَزَلَّهُمَا الشَّيْطٰنُ عَنْهَا فَاَخْرَجَهُمَا مِمَّا كَانَا فِيْهِ ۖ وَقُلْنَا اهْبِطُوْا بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ ۚ وَلَكُمْ فِى الْاَرْضِ مُسْتَقَرٌّ وَّمَتَاعٌ اِلٰى حِيْنٍ

Artinya: 'Lalu, setan menggelincirkan keduanya darinya sehingga keduanya dikeluarkan dari segala kenikmatan ketika keduanya ada di sana (surga). Kami berfirman, "Turunlah kamu! Sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain serta bagi kamu ada tempat tinggal dan kesenangan di bumi sampai waktu yang ditentukan."

Menurut hadits yang terdapat dalam Kitab Shahih Muslim, peristiwa tersebut terjadi pada hari Jumat. Dari Abu Hurairah RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,

"Sebaik-baik hari yang padanya matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu juga beliau dimasukkan ke surga dan pada hari itu pula beliau dikeluarkan dari surga." (HR Muslim)

BACA JUGA:Ramadan 1445 H, Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono Beri Penekanan ke Balap Liar dan Harga Bahan Pokok

BACA JUGA:Resep Minuman Serba Jeruk Nipis Penurun Kolesterol untuk Berbuka Puasa

Dari perdebatan antara Adam dan Musa, kita dapat belajar banyak tentang takdir, pertanggungjawaban, dan kompleksitas kebijaksanaan Allah. 

Meskipun keduanya adalah nabi yang dihormati, perbedaan pandangan mereka mengingatkan kita akan kebesaran Allah dan keterbatasan pemahaman manusia.

Kisah ini menjadi pengingat bagi kita untuk merenungkan peran kita dalam rencana-Nya yang maha agung dan untuk menjalani kehidupan dengan penuh kesadaran akan takdir-Nya yang mendalam. *

Artikel ini juga tayang di sumateraekspres.bacakoran.co, dengan judul Kisah Perdebatan Epik Antara Nabi Adam dan Nabi Musa: Ternyata Masalah Ini yang Mereka Bahas!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: