Sosialisasi SKK Migas-PetroChina Terkait Seismik Disambut Baik Oleh Dunia Pendidikan di Kabupaten Tanjab Timur

Sosialisasi SKK Migas-PetroChina Terkait Seismik Disambut Baik Oleh Dunia Pendidikan di Kabupaten Tanjab Timur

Migas-PetroChina Terkait Seismik Disambut Baik Oleh Dunia Pendidikan di Kabupaten Tanjab Timur--

MUARASABAK, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Berada di sekitar wilayah kerja SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd, SMPN 12 Geragai, Kabupaten Tanjab Timur dipilih untuk menjadi lokasi perkenalan terkait projek Eksplorasi Seismik yang saat ini tengah di lakukan perusahaan Migas tersebut di Kabupaten Tanjab Timur.

Eksplorasi Seismik adalah istilah yang dipakai di dalam bidang geofisika untuk menerangkan aktivitas pencarian sumber daya alam dan mineral yang ada di bawah permukaan bumi dengan menggunakan gelombang Seismik. Hasil rekaman yang diperoleh dari survei ini disebut dengan seismogram yang kemudian diproses menjadi penampang Seismik.

Hal yang mendasari dipilihnya SMPN 12 Geragai sebagai lokasi Implementasi Kurikulum Merdeka untuk memperkenalkan terkait sumber daya alam ini dikarenakan, sejak beberapa pekan belakangan ini di sekitar lokasi sekolah tersebut tengah berdiri Camp pekerja Seismik.

Tentunya hal tersebut menarik perhatian warga sekitar, terutama para siswa dari SMPN 12 Geragai untuk rasa keingintahuan dari mereka terkait apa itu projek Seismik yang tengah dilakukan oleh SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd.

BACA JUGA:5 Tips Mengelola Stress, Hidup Lebih Damai dan Tenang

BACA JUGA:M Samin, Jurnalis yang Melenggang Jadi Anggota Dewan, Raih Suara Terbanyak di Dapil 3 Tanjabtim

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd di sekolah tersebut berlangsung pada hari Kamis 29 Februari 2024.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kanuga Winarga Drilling Superintendent PetroChina International Jabung Ltd, Fahmi Fabian Geophysical Superintendent PetroChina, Ahmad Ramadlan Comdev Supervisor PetroChina, Mulyono Eko dan Resmanudin Staff Comdev PetroChina, Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Tanjab Timur Joko Purnomo S.E, Koordinator wilayah Geragai Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjab Timur Peri, Kepala Sekolah SMPN 12 Kota Baru Muhammad Nur S.Ag, Kepala Sekolah SMPN 21 Hendri Darmanto S.Hi, serta tim seismik PetroChina Akhmad Suhendro selaku humas QC Supervisor dan Bayu Saputra Sr.Recording Qc serta beberapa kepala sekolah dan perwakilan guru SMP dikabupaten Tanjab Timur.

Selain memberikan pemahaman terkait projek Seismik, kegiatan ini juga diselingi dengan sesi tanya jawab yang dilakukan antara para siswa, tenaga pengajar, pihak SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd dan pelaku Seismik itu sendiri.

Joko Purnomo S.E, selaku Kabid Pembinaan SMP, Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjab Timur yang turut hadir dalam kegiatan ini saat diwawancarai menuturkan, pihaknya sangat mengapresiasi langkah-langkah inspiratif seperti ini yang telah dilakukan oleh pihak SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd.

BACA JUGA:Pj Bupati Kerinci Asraf Hadiri Peresmian Balai Desa Sanggaran Agung

BACA JUGA:M Qodari Sebut Prabowo Pantas Dapat Jenderal Bintang 4

Dimana, kegiatan ini sangat diperlukan sebagai Implementasi kurikulum Merdeka, guna menggali kearifan lokal, terutama yang berkaitan dengan sumber daya alam yang tersedia di Kabupaten Tanjab Timur.

Selain itu, dari kegiatan sosialisasi ini juga bisa digunakan oleh pihak sekolah untuk menjadi media didalam melakukan bimbingan minat bakat asesmen anak-anak peserta didik untuk tingkatan selanjutnya.

"Jadi sangat disayangkan jika anak didik kita tidak mengetahui kearifan lokal kabupaten ini. Sebab itu bisa menjadi peluang kerja, ilmu dan peluang untuk masa depan. Jadi semua masyarakat perlu ikut ambil bagian dan peduli dengan kearifan lokal di Kabupaten Tanjab Timur ini," ujarnya.

Kemudian, Feri, selaku Korwil Pendidikan Kecamatan Geragai dalam wawancaranya mengatakan, dirinya sangat menyambut baik kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd ini.

BACA JUGA:Zodiak yang Sangat Bisa Menjadi Menantu Idaman

BACA JUGA:Zodiak Pria yang Sangat Setia dengan Pasangannya

"Kami dari dunia pendidikan di Kabupaten Tanjab Timur berharap, adanya perhatian dan kerjasama yang berkelanjutan dengan pihak SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd. Baik itu yang berkaitan dengan kesiswaan, tenaga pendidik serta sarana dan prasarana di sekolah," ucapnya.

Sementara itu, M. Nur S.Ag, selaku Kepala Sekolah SMPN 12 Geragai ketika diwawancarai berharap, dari kegiatan yang telah dilaksanakan oleh pihak SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd ini, para siswa bisa mengetahui terkait apa saja sumber daya alam yang ada di lingkup sekolahnya maupun yang ada di Kabupaten Tanjab Timur ini sendiri.

"Kabupaten kita ini sangat kaya sekali akan sumber daya alamnya. Jadi dari kegiatan ini para siswa juga bisa menambah ilmu pengetahuan. Sehingga mereka kelak bisa mengelola sumber daya yang ada di wilayah mereka," harapnya.

Melalui Kurikulum Merdeka ini, pihak SMPN 12 Geragai telah melaksanakan projek dalam hal memperdayakan lingkungan dan apa yang bisa diperbuat oleh para siswa dalam mengimplementasikan ke dalam hal yang positif.

BACA JUGA:Zodiak yang Selalu Stylish dan Tidak Pernah Mati Gaya

BACA JUGA:Ini Dia Daftar 10 Besar Peraih Suara Terbanyak Sementara DPRD Provinsi Jambi

"Beberapa hal terkait pemberdayaan sumber daya alam dari lingkungan sekitar sekolah yang sudah kita lakukan mulai dari pengolahan pupuk alami dan juga bercocok tanam," pungkasnya. *

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: