Bertemu dengan Petani di Desa Tidar Kuranji, Gubernur Jambi Al Haris Dukung Pengembangan Komoditas Cabai

Bertemu dengan Petani di Desa Tidar Kuranji, Gubernur Jambi Al Haris Dukung Pengembangan Komoditas Cabai

Gubernur Jambi Al Haris Dukung Pengembangan Komoditas Cabai-ist/jambi-independent.co.id-

BATANGHARI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Gubernur Jambi Al Haris, bertemu dan berdialog dengan petani di Desa Tedar Kuranji, Kecamatan Maro Sebo Ilir, Kabupaten Batanghari, Kamis 29 Februai 2024. 

Selain berdialog Gubernur juga melakukan panen raya cabai yang bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan bersama para petani. 

Pada kesempatan tersebut Gubernur Al Haris menyampaikan bahwa inflasi yang terjadi di Indonesia juga disebabkan salah satu yaitu komoditi cabai. "Pertanian kita berjalan saat ini kesulitan mendapatkan komoditi, sangat turun produksinya seperti cabai, bawang dan sebagainya.  Dan sama seperti beberapa provinsi yang mengalami inflasi kita disumbang oleh cabai, beras dan bawang, " ungkap Gubernur Al Haris. 

Dijelaskan Gubernur Al Haris bahwa jika saat ini untuk bawang dan beras masih mengimpor, Jambi sendiri banyak menggunakan beras dari Sumsel (Sumatera Selatan). "Kemudian untuk cabai, cabai ini akibat banjir petani mengalami kerugian besar dan akhirnya busuk. Inflasi kita tertinggi pada beras dan cabai. Untuk beras masih banyak stoknya, cabai tidak, karena ketersediaannya langka maka harganya meningkat karena kebutuhan ini meningkat," jelas Gubernur Al Haris.

BACA JUGA:Telkomsel dan Huawei Tandatangani Kerja Sama Home Broadband and 5G Innovation serta Talent Development

BACA JUGA:Terungkap, Ini Identitas Mayat Pria di Sungai Penuh yang Ditemukan dalam Kondisi Mulut Berbusa

Gubernur Al Haris juga mengharapkan jika masyarakat disetiap kampung tersedia satu atau setengah hektar cabai, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan cabai satu kecamatan. 

Dalam dialognya dengan para petani, Gubernur Al Haris menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi sangat mendukung program dari para petani juga program dari Pemerintah Kabupaten, terutama untuk pengembangan didalam pertanian.

"Pemerintah Provinsi sangat mendukung, tujuannya adalah membantu program pemerintah kabupaten, seperti penyediaan Alsintan jika dibutuhkan bisa kita bantu, bibit juga, tergantung kebutuhan gapoktannya, kalau petani dan gapoktan punya misi yang kuat untuk pertanian akan mengurangi permintaan dari luar daerah, seperti pertanian butuh menanam seragam dan serentak. Batanghari ada tanaman cabai, luar biasa, Jambi sendiri pernah langka ketersediaan cabai, saya beli di Muntilan, dan dibantu Bank Indonesia untuk pengirimannya," kata Gubernur Al Haris.

Sementara itu, Asisten II Setda Batanghari, M Isah, menyatakan bahwa Desa Tidar Kuranji memanfaatkan lahan kosong untuk menanam cabai. "Titik penanaman cabai ada beberapa titik, karena kondisi belum dipanen kami arahkan kesini, desa ini perbatasan dengan Tanjab Barat. Program ini sejalan dengan program pak Bupati, dalam pertanian ada program petani cerdas, dan penyuluh tangguh," kata Asisten II. 

BACA JUGA:9 Tips Membangun Kepercayaan Diri pada Pasangan, Gak Perlu Lagi Curiga

BACA JUGA:Tahun Kabisat Tepat 29 Februari 2024, Simak Fakta-faktanya

Sementara itu juga, Kades Tidar Kuranji M. Irwan Sardi menyatakan bahwa ada banyak program pembangunan yang diberikan oleh pemerintah provinsi diantaranya untuk ketahanan pangan dan internet dari Kominfo. 

"Ada banyak bantuan yang diberikan kepada kami, selain ketahanan pangan dan Internet dari kominfo, tahun ini ketahanan pangan masih di pertanian dan sampingan dari petani sawit yaitu petani cabai, ada sekitar 120 orang," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: