Bikin Kesal, Ini Penyebab Bekas Jerawat Menghitam

Bikin Kesal, Ini Penyebab Bekas Jerawat Menghitam

Penyebab jerawat menghitam-Foto : ilustrasi-Net

Sering dibuat gemas dengan kehadiran benjolan jerawat di wajah? Gara-gara hal tersebut, sebagian dari kamu mungkin sering melakukan kebiasaan memencet jerawat dengan harapan cepat hilang. 

Memencet jerawat bisa berisiko merusak jaringan kulit yang kemudian meninggalkan bekas hitam di permukaan wajah. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa memicu transfer bakteri dan kuman yang malah menyebabkan jerawat makin parah, iritasi, hingga masalah kulit lainnya.

3. Iritasi Kulit.

Saat sedang berjerawat, perhatikan dengan baik skincare dan produk lain yang digunakan. Jika tidak cocok dengan kondisi kulit, bisa memicu iritasi dan peradangan pada kulit dan memicu bekas jerawat jadi tampak hitam. 

Jadi, penting banget memilih produk yang mengandung formula untuk menenangkan kulit saat sedang mengalami breakout parah. 

BACA JUGA:Tak Perlu Emosi, Ini 5 Sikap agar Tak Gampang Stress Jalani Hidup

BACA JUGA:Gak Suka Berlebihan, Ini 5 Zodiak Hidup Paling Sederhana

4. Peradangan.

Saat sedang mengalami jerawat, kulit akan mengalami peradangan. Kondisi tersebut bisa menyebabkan perubahan warna kulit, dari kemerahan hingga kehitaman yang muncul setelah jerawat sembuh. 

Hal ini terjadi karena reaksi dari sistem imun di dalam tubuh yang memproduksi sel melanosit untuk memproduksi melanin. Zat inilah yang kemudian menyebabkan jerawat meninggalkan noda berwarna gelap.

5. Radiasi Sinar Matahari.

Faktor lain yang bisa menyebabkan bekas jerawat tampak menghitam adalah radiasi sinar matahari. Bukan rahasia lagi jika paparan sinar UV bisa membuat kulit jadi memproduksi lebih banyak melanin, terutama pada bekas jerawat. 

BACA JUGA:Pinjaman KUR BRI 2024 Khusus Calon TKI yang Tak Punya Modal Berangkat, Cek Disini

BACA JUGA:Umumkan 11 Pebalap Andalan 2024, Astra Honda Siap Lanjutkan Prestasi di Balap Internasional

Kondisi inilah yang kemudian memicu bekas jerawat jadi tampak menggelap daripada kulit asli.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: