Elektabilitas Prabowo-Gibran Tembus 52,5 Persen, Survei Menyebutkan Mayoritas Masyarakat Ingin Sekali Putaran

Elektabilitas Prabowo-Gibran Tembus 52,5 Persen, Survei Menyebutkan Mayoritas Masyarakat Ingin Sekali Putaran

Elektabilitas Prabowo-Gibran Tembus 52,5 Persen, Survei Menyebutkan Mayoritas Masyarakat Ingin Sekali Putaran-Ist/jambi-independent.co.id-

Dengan data di atas, Afrimadona memprediksi peluang Prabowo-Gibran menang sekali putaran terbuka lebar, namun masih tidak menutup kemungkinan pilpres juga dapat berlanjut menjadi dua putaran.

“Sebenarnya data kita masih menunjukkan bahwa rentang kepercayaan untuk elektabilitas paslon 2 itu mungkin masih berkisar antara 48 persen sampai 56 persen. Nah karena itu, kemudian probabilitas paslon 2 untuk dapat suara real 48 nanti di hari H itu juga masih memungkinkan,” ucapnya.

BACA JUGA:Gong Xi Fa Cai! Ini 15 Ucapan Selamat Hari Imlek untuk Keluarga dan Kerabat

BACA JUGA:Sudah Sebulan SMKN 5 Kota Jambi Terendam Banjir, Ketua Komite Ngadu ke Gubernur Jambi

“Sehingga yang ingin saya katakan adalah data kita memang memperlihatkan peluang untuk satu putaran itu makin besar tapi peluang dua putaran itu juga masih ada itu kira-kira,” tambahnya.

Lanjut Afrimadona menuturkan berdasarkan sebaran wilayah pulau, tren dukungan terhadap Prabowo-Gibran juga naik dan lebih unggul dari pasangan lain.

Dibandingkan survei bulan Januari, terdapat peningkatan dukungan pemilih di wilayah Sumatera dan Pulau Jawa bagian barat (Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat), masing-masing 2 hingga 4 persen. 

“Peningkatan dukungan paling besar berasal dari pemilih di Pulau Jawa bagian Tengah dan Timur yaitu Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur, di mana angkanya kini telah mencapai 53,3 persen, dari sebelumnya 45,4 persen. Selain itu, kenaikan keterpilihan juga terdapat di Indonesia Timur,” urainya.

BACA JUGA:Tim Tabur Kejati Jambi Eksekusi DPO Efda Yeni, Selalu Pindah Jakarta dan Padang

BACA JUGA:Kejari Bungo Resmi Tahan Tersangka Kasus Pidana Perpajakan Senilai Rp2,9 Miliar

“Di wilayah ini dukungan pada pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka juga meningkat, dari sebelumnya 46,3 persen dan kini 59,1 persen,” sambungnya.

Hal sebaliknya terjadi kepada paslon Ganjar-Mahfud, Afrimadona mengatakan masih berdasarkan sebaran wilayah pulau, tidak terdapat perubahan dukungan yang signifikan untuk pasangan Ganjar-Mahfud. 

“Kalaupun terdapat penambahan atau pengurangan dukungan, angkanya masih dalam rentang margin error, kecuali di Pulau Jawa bagian Tengah dan Timur. Di wilayah ini, dukungan pada Ganjar Pranowo-Mahfud MD berkurang dari survei sebelumnya sebesar 35,4 persen, kini menjadi 28,9 persen,” ucapnya.

Sementara itu, dukungan terhadap paslon nomor 1 cenderung stagnan, dari data sebaran wilayah pulau, tidak ada perubahan dukungan yang berarti. Meski demikian, hasil indikatif menunjukkan terdapat penurunan dukungan kepada pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dari pemilih yang tinggal di wilayah Indonesia Timur. 

BACA JUGA:Isra Miraj, Mengungkap Misteri dan Keutamaan Masjid Al Aqsa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: