Kelompok Tani Terima Bantuan 6 Unit Traktor Roda Dua Rotary Dari SKK Migas PetroChina

Kelompok Tani Terima Bantuan 6 Unit Traktor Roda Dua Rotary Dari SKK Migas PetroChina

Bantuan 6 Unit Traktor Roda Dua Rotary Dari SKK Migas PetroChina--

MUARASABAK, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pemkab Tanjab Timur, dalam hal ini Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) menerima bantuan 6 unit traktor roda dua rotary atau alat penggarap sawah dari SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd melalui Program Pengambangan Masyarakat (PPM).

Penyerahan bantuan ini dilaksanakan di kantor Dinas TPH, Senin 29 Januari 2024, yang berlokasi di kawasan Kota Terpadu Mandiri (KTM), Desa Kota Baru, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjab Timur.

Tampak hadir dalam kegiatan penyerahan bantuan ini, Sekda Tanjab Timur Sapril, Government and Relation Superintendent Lasno, Comdev Supervisor Ahmad Ramadlan, Comdev Staff M. Yusuf, Kadis TPH Sunarno beserta Sekdis TPH Arnak, Kadis Nakertrans Riqo Yudawirja, Sekretaris DPM-PTSP Pertadi Kusuma beserta Kabid Pengembangan Windi Jatmiko, Kabid Ekonomi Bappeda Mustam, Kabid Perkebunan Dinas Bunnak Anwar Sadat dan perwakilan dari 5 kelompok tani penerima bantuan.

Sapril, saat diwawancarai usai kegiatan ini mengatakan, telah sama-sama disaksikan, hari ini pihak PetroChina International Jabung Ltd menyerahkan bantuan kepada Pemkab Tanjab Timur berupa 6 unit hand traktor merek Rotary untuk kelompok tani yang ada di Kecamatan Geragai.

BACA JUGA:Pj Bupati Bachyuni Main Voli dengan Emak Emak Di Desa Betung

BACA JUGA:Ada Fitur Private Share di Samsung Galaxy A25 5G, Ini Keunggulan dan Cara Pakainya

"Penyerahan bantuan ini akan disalurkan langsung kepada kelompok tani melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, yang mana kelompok tani ini adalah binaan dari dinas tersebut," ucapnya.

Nantinya, 5 dari 6 unit hand traktor ini akan diserahkan kepada 5 kelompok tani, dan satu hand traktor lagi akan dipergunakan untuk kegiatan di balai benih kabupaten.

Kegiatan penyerahan bantuan ini sendiri merupakan program CSR PetroChina International Jabung Ltd di tahun 2023.

"Karena kemarin kita pengajuannya di akhir tahun 2023, alhamdulilah di awal tahun 2024 ini sudah bisa terwujud dan bisa kita serahkan langsung kepada kelompok tani di Kecamatan Geragai," ujarnya.

BACA JUGA:Ini Perbandingan Samsung Galaxy A25 5G dan Galaxy A34 5G, Harga Cuma Rp600 Ribu

BACA JUGA:Ini Tanggapan Gubernur Jambi Al Haris Soal Surat dari Dirjen Minerba Terkait Penghentian Angkutan Batu Bara

Sekda Tanjab Timur ini juga menjelaskan, untuk di Kecamatan Geragai sendiri terdapat 179 hektar lahan pertanian padi.

Dari perhitungan luasan lahan pertanian yang ada tersebut, sebenarnya kelompok tani di kecamatan tersebut masih kekurangan satu unit traktor roda empat.

"Tapi kita tetap optimis, dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat mewujudkan program tanam padi dua kali setahun," jelasnya.

Dengan adanya bantuan ini, Pemkab Tanjab Timur tentunya mengucapkan terima kepada PetroChina International Jabung Ltd. Dan diharapkan bantuan tersebut dapat bermanfaat dan mampu meningkatkan hasil pertanian.

BACA JUGA:SKK Migas - PetroChina Berikan Bantuan 6 Unit Traktor Roda Dua Rotary Untuk Kelompok Tani Tanjab Timur

BACA JUGA:Sinsen Kembali Raih Penghargaan Best Public Relations Astra Honda

"Lain dari pada itu, dengan adanya bantuan ini diharapkan juga agar para petani tidak tergiur untuk mengalihfungsikan lahan pertanian sawah mereka dan tetap mengelolah sawah mereka untuk menghasilan padi. Agar sejalan dengan Perda Kabupaten Tanjab Timur, terkait LP2B. Sebab, saat ini lahan pertanian sawah di kabupaten kita mulai berkurang. Jadi dengan adanya bantuan ini, juga bisa merangsang para petani untuk terus memanfaat lahan pertanian mereka," ungkap Sapril.

Selanjutnya, Kadis TPH Sunarno saat diwawancarai terkait kegiatan ini juga menghaturkan ucap terima kasihnya kepada pihak PetroChina International Jabung Ltd yang telah peduli dan merespon dengan baik usulan kebutuhan dari kelompok tani di Kecamatan Geragai ini.

"Dengan adanya bantuan yang telah diserahkan oleh pihak PetroChina kepada kelompok tani kita di kecamatan ini, tentunya akan membuat lahan pertanian sawah kita bisa tetap eksis dan mampu menghasilkan padi berkualitas tentunya," sebutnya.

Dirinya juga menuturkan, bantuan 6 unit hand traktor ini sendiri telah sesuai dengan pengajuan yang diusulkan sebelumnya di tahun 2023.

BACA JUGA:Ini Pesan Dirlantas Polda Jambi, Jika Aktivitas Batu Bara Aktif Lagi

BACA JUGA:Ingin Semua Keluarga Kumpul di Surga? Perhatikan 4 Nasehat Sederhana Gus Baha Ini

"Ini sebagai bentuk terjalinnya koordinasi dan sinergi yang baik antara PetroChina dan Pemkab Tanjab Timur,"pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: