7 Penyebab Kurang Fokus dan Cara Mengatasinya

7 Penyebab Kurang Fokus dan Cara Mengatasinya

7 Penyebab Kurang Fokus dan Cara Mengatasinya-jambi-independent.co.id-freepik.com

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Fokus adalah kemampuan untuk memusatkan perhatian pada suatu hal tanpa terganggu oleh faktor eksternal atau internal lainnya. Namun, ada banyak faktor yang dapat mengganggu Fokus seseorang. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum kurangnya Fokus dan cara mengatasinya:

 1. Multitasking yang Berlebihan

Penyebab: Mencoba melakukan terlalu banyak hal sekaligus dapat mengganggu fokus karena pikiran terbagi-bagi antara tugas-tugas yang berbeda.

Solusi: Prioritaskan tugas yang paling penting dan fokuslah pada satu hal pada satu waktu. Pisahkan waktu untuk setiap tugas agar Anda dapat memberikan perhatian penuh tanpa gangguan.

 2. Lingkungan yang Berisik atau Berantakan

Penyebab: Lingkungan yang berisik atau berantakan dapat mengganggu konsentrasi dan fokus.

BACA JUGA:Transformasi Pos Lintas Batas, Prof Zudan: Peningkatan Pelayanan PLBN Sota Patut Dicontoh

BACA JUGA:7 Tips Perawatan Agar Gelang Emas Tidak Mudah Berkarat

Solusi: Ciptakan lingkungan kerja atau belajar yang tenang dan rapi. Pisahkan diri dari gangguan eksternal, seperti mematikan pemberitahuan ponsel atau menggunakan earphone untuk mengurangi suara bising.

 3. Kurangnya Istirahat dan Kurang Tidur

Penyebab: Kurangnya istirahat dan tidur yang cukup dapat membuat seseorang menjadi lelah, stres, dan sulit berkonsentrasi.

Solusi: Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup setiap malam (7-9 jam untuk sebagian besar orang) dan berikan diri Anda jeda singkat antara tugas untuk me-refresh pikiran dan tubuh.

 4. Kebiasaan Prokrastinasi

Penyebab: Menunda-nunda pekerjaan atau tugas dapat menimbulkan stres dan membuat sulit untuk fokus saat mengerjakan tugas tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: