Atasi Persoalan Persampahan di Kota Jambi, Ini yang Dilakukan Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih

Atasi Persoalan Persampahan di Kota Jambi, Ini yang Dilakukan Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih

Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih-Ist/jambi-independent.co.id-

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Respon cepat ditunjukkan Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih terkait pengelolaan sampah di kota Jambi.

Diketahui, belakangan ini pengangkutan sampah di beberapa wilayah dalam kota Jambi sedikit terganggu, diantaranya karena kerusakan armada angkut dan kesulitan mendapatkan BBM untuk operasional truk pengangkut sampah.

Menyikapi itu, Sri Purwaningsih menggelar rapat evaluasi pengelolaan persampahan di Kota Jambi Sabtu malam (23/12/2023).

Sri mengumpulkan jajaranya yang terkait dengan pengelolaan sampah untuk segera mengambil langkah-langkah efektif dalam penanganan hal tersebut.

BACA JUGA:Polda Jambi Siapkan 150 Personel untuk Amankan Misa Natal 2023 

BACA JUGA:Qodari: Mayoritas Masyarakat Indonesia Ingin Pilpres 2024 Sekali Putaran

Tampak hadir dalam rapat virtual itu, Staf Ahli Wali Kota Jambi bidang Ekbang Obliyani,  Asisten Sekda bidang Perekonomian dan Pembangunan Amirullah, Asisten Sekda bidang Administrasi Umum Jaelani, Kadis LH Ardi, Kadis Perhubungan Saleh Ridha, Kadis Pedagangan dan Perindustrian Amran, Kasatpol PP Feriyadi, serta Camat se-Kota Jambi.

Dalam rapat, terungkap beberapa hal yang dibahas. Di antaranya terdapat kendaraan pengangkut sampah yang rusak sehingga tidak dapat melaksanakan pengangkutan sampah, khususnya di Kecamatan Jambi Selatan.

Faktor lainnya, yakni sulitnya mendapatkan BBM solar subsidi secara cepat. Ini karena truk harus mengikuti antrian yang panjang untuk mendapatkannya di SPBU. Imbasnya, jadwal pengangkutan sampah tertunda sehingga terjadi penumpukan sampah pada jam yang seharusnya sudah selesai diangkut.

Kendala tak kalah penting, yakni tidak disiplinnya masyarakat dalam pembuangan sampah yang semestinya dilakukan dari pukul 18.00 hingga pukul 06.00 WIb. Sehingga, sampah yang sudah diangkut dari TPS namun muncul lagi timbulan sampah baru yang dibuang oleh masyarakat.

BACA JUGA:10 Tips Memilih Popok Bayi yang Nyaman 

BACA JUGA:Turun Harga HP Oppo A96 di Akhir Tahun 2023, Cek Spesifikasinya Disini

Belum lagi, adanya dugaan sebagian warga dan oknum pelaku usaha yang membuang sampah di TPS dengan volume yang besar, dimana seharusnya sampah volume besar langsung dibuang ke TPA.

Sri Purwaningsih juga menyoroti penegakan hukum kepada pelaku yang membuang sampah tidak pada waktunya dan tidak pada tempatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: