Tingkatkan Suasana Hati dengan Gerakan Simpel ini, Bikin Hepi dan Sehat

Tingkatkan Suasana Hati dengan Gerakan Simpel ini, Bikin Hepi dan Sehat

Manfaat Luar Biasa Jalan Kaki Setiap Hari-Freepik/jambi-independent.co.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Sebaiknya olahraga jalan kaki dilakukan pada saat pagi hari. Namun, jika Anda tidak sempat untuk melakukannya pada pagi, Anda bisa melaksanakannya pada sore hari ketika pulang bekerja.

Olahraga jalan kaki ini tidak membutuhkan banyak peralatan khusus, yang diperlukan hanya pakaian dan sepatu yang nyaman untuk digunakan berjalan kaki.

Kamu bisa berjalan kaki selama 30 menit per harinya untuk meningkatkan kondisi kesehatan. Bukan hanya kesehatan fisik, jalan kaki pun bermanfaat bagi kesehatan mental. 

Berikut manfaat jalan kaki bagi kesehatan tubuh 

BACA JUGA:Makin Gawat! Illegal Drilling di Batanghari Sudah Rambah Tahura, 3 Warga Lampung Terbakar

BACA JUGA:Viral! Bak Preman, Ajudan Bupati Aniaya Sopir Truk, Abang Jago Nih

1. Menghindari Penyakit Kronis

American Diabetes Association mengatakan dengan rutin berjalan kaki dapat menurunkan kadar gula darah dan menghindari risiko diabetes. Hasil penelitian dalam American College of Cardiology mengatakan 1000 langkah yang dilakukan setiap hari dapat menurunkan tekanan darah sistolik.

Penelitian yang ditulis dalam The New England Journal of Medicine, jalan kaki juga mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebanyak 30 persen. Penelitian ini dilakukan pada orang yang rutin berjalan kaki dan tidak.

2. Memperkuat Fisik Tubuh

Rutin berjalan kaki setiap hari bisa memperkuat fisik tubuh. Olahraga ini bisa meningkatkan kekuatan otot paha, betis, hingga seluruh bagian kaki. Kamu bisa mencoba berjalan pada area yang menanjak dan menurun. Selain itu, jika kamu menemukan area yang memiliki anak tangga, sebaiknya gunakan anak tangga agar kekuatan bagian kaki semakin optimal.

3. Meningkatkan Energi

Jika kamu merasa lelah, tidak ada salahnya untuk mencoba berjalan kaki mengelilingi halaman rumah atau lokasi lain yang menarik. Jalan kaki dinilai mampu meningkatkan energi lebih optimal dibandingkan dengan mengonsumsi minuman yang mengandung kafein.

BACA JUGA:Miris! Banjir di Bungo, Rapor Siswa SMAN 8 Rantau Pandan Terendam, Petugas: Maaf Bapak Ibu..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: