Ingin Dapat Suasana Hati dan Kesehatan Mental yang Lebih Baik, Lakukan Aktifitas ini

Ingin Dapat  Suasana Hati dan Kesehatan Mental yang Lebih Baik, Lakukan Aktifitas ini

Manfaat bangun pagi untuk kesehatan-Foto : ilustrasi-Net

Orang yang bangun pagi lebih awal biasanya memiliki pikiran yang lebih positif dibandingkan dengan orang yang suka begadang dan bangun kesiangan. Mereka biasanya juga lebih optimis, menyenangkan, teliti, dan puas dengan kehidupan.

Seseorang yang bangun pagi juga memiliki risiko yang lebih kecil terhadap penyakit mental, seperti depresi atau kecemasan. Seseorang yang memiliki waktu tidur 7 hingga 9 jam memiliki cukup waktu untuk tubuh dan pikiran memulihkan diri. Sehingga tubuh dan pikiran menjadi lebih sehat.

BACA JUGA:Kasus Suami Bunuh Istri di Sarolangun, Ini Kata Kapolsek Sarolangun

BACA JUGA:Pelaku Kasus Pemerkosaan di Sungai Gelam Mengarah ke Ayah Kandung, Polres Muaro Jambi Irit Ngomong

4. Kulit Lebih Sehat

Tidur nyenyak dengan waktu yang cukup serta bangung pagi terbukti dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Sebab selama tidur, sel-sel kulit beregenerasi, sementara itu peningkatan aliran darah dan kolagen membantu memperbaiki kerusakan kulit dan paparan sinar UV.

5. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Bangun pagi cenderung membuat otak berkonsentrasi lebih baik, lebih waspada, dan berenergi sepanjang hari. Kemungkinan terdapat hubungan antara bangun pagi dan kesuksesan seseorang, entah itu dalam pendidikan maupun pekerjaan. 

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang bangun pagi lebih proaktif dan berorientasi pada tujuan, memiliki kemampuan memecahkan masalah yang kuat, dan berprestasi di sekolah. Sementara itu, kurang tidur berhubungan dengan kinerja kognitif yang buruk. Termasuk memori yang buruk, sulit berkonsentrasi dan berpikir, dan memiliki perubahan suasana hati.

6. Memiliki Waktu untuk Sarapan dengan Baik

Seseorang yang bangun kesiangan kemungkinan akan melewati sarapan atau mengonsumsi camilan (menu sarapan) yang tidak menyehatkan. Orang yang tidur larut malam dan bangun tidur kesiangan, cenderung mengonsumsi 248 kalori lebih banyak per hari dibandingkan orang yang cukup tidur dan bangun pagi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: