Auto Kaya dan Cuan, Ini Tips Ikuti 6 Cara Menabung Gaya Orang Jepang, Gak Bakal Nyesal

Auto Kaya dan Cuan, Ini Tips Ikuti 6 Cara Menabung Gaya Orang Jepang, Gak Bakal Nyesal

Tips menabung ala orang Jepang -Foto : ilustrasi-Net

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - ini tips ikuti 6 cara menabung gaya orang Jepang. Gak bakal nyesel karena auto kaya dan cuan.

Menabung adalah salah satu cara yang harus Anda lakukan dalam mengatur keuangan. Apalagi jika Anda sudah berkeluarga. Menabung menjadi salah satu keharusan yang Anda lakukan. 

Sebab, dengan menabung, Anda akan bisa menyimpan uang yang Anda miliki. Jika uang yang Anda peroleh setiap bulan tidak Anda tabung,maka uang tersebut akan habis begitu saja.

Namun,tidak semua orang yang mempraktekkan cara menabung uang baik. Salah satu cara menabung yang bisa Anda praktekkan adalah cara menabung orang Jepang. Cara menabung orang Jepang adalah Kakeibo.

BACA JUGA:Ketua DPRD Provinsi Jambi Lantik Al Mushari dan Rukiya Alfa Robi Jadi PAW di DPRD Jambi

BACA JUGA:BREAKING NEWS! Satu Unit Tronton Terbakar di Depan Polres Muaro Jambi

Untungnya, selama 116 tahun terakhir, kakeibo telah efektif membantu orang membuat keputusan finansial yang lebih cerdas.

Kakeibo adalah filosofi keuangan dari Jepang. Kakeibo pada mulanya adalah metode pengelolaan keuangan terkenal yang banyak dilakukan para ibu rumah tangga di Jepang.

Metode ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 oleh seorang jurnalis bernama Makoto Hani. Pada 2017, kakeibo kembali dipopulerkan melalui sebuah buku yang ditulis oleh Fumiko Chiba yang berjudul Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money.

Seperti semua budgeting keuangan, tujuan di balik kakeibo adalah membantu kita memahami hubungan dengan uang dengan mencatat semua pengeluaran dan pemasukan.

BACA JUGA:Mengenal Frugal Living: Tips Hidup Minimalis yang Bijak

BACA JUGA:Jadi Tuan Rumah FASI Tingkat Provinsi Jambi, BKPRMI Muaro Jambi Terima Dana Rp185 Juta

Namun, yang membedakan kakeibo adalah ia tidak menggunakan teknologi digital apapun seperti aplikasi atau lembar Excel. Kakeibo menekankan pentingnya menuliskan sesuatu secara fisik - sebagai cara meditatif untuk memproses dan mengamati kebiasaan belanja Anda.

Berikut adalah 6 langkah menabung yang disarikan dari filosofi Kakeibo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: