Bupati Bungo Hadiri Panen Raya Padi dan Serahkan Bantuan Alsintan

Bupati Bungo Hadiri Panen Raya Padi dan Serahkan Bantuan Alsintan

Bupati Bungo Hadiri Panen Raya Padi dan Serahkan Bantuan Alsintan--

MUARA BUNGO,JAMBIINDEPENDENT.CO.ID - Bupati Bungo bersama Dinas Tanaman pangan hortikultura dan perkebunan Kabupaten Bungo menyerahkan bantuan Alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani yang berada di kecamatan Bathin III Ulu, Rabu 31 MEi 2023.

Penyerahan Alsintan tersebut diselenggarakan di Dusun karak dan Dusun Sungai telang, kecamatan Bathin III Ulu.

Selain menyerahkan bantuan kepada kelompok tani, Bupati juga melakukan Panen Padi perdana di Dusun Sungai telang.

kegiatan panen padi tersebut yang diinisiasi oleh Dinas tanaman pangan hortikultura dan perkebunan bersama para kelompok tani.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil ketua I DPRD Bungo, Staf ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Kapolsek Rantau Pandan, Danramil, Camat Bathin III ulu, kepala balai penyuluhan pertanian Kecamatan Bathin III ulu, serta masyarakat Bathin III Ulu.

BACA JUGA:Wakil Bungo Membuka Rakor Sekretaris Kwarcab se-Provinsi Jambi

BACA JUGA:Bupati Bungo Hadiri FGD BNK Bungo Bersama Kepala BNNP Jambi

Kepala dinas TPH&Bun kabupaten Bungo, Muhammad Hasbi dalam sambutannya mengatakan bahwa acara panen padi sawah ini terlaksana karena kerja keras dari pihak terkait khususnya kelompok tani Sinar Tani Dusun Sungai telang.

Hasbi mengatakan luas persawahan di Dusun Sungai telang tersebut seluas 105 hektar. Lebih lanjut kepala dinas TPH&Bun itu menjelaskan bahwa indek petanaman (IP) di kecamatan Bathin III Ulu antara 250-300 pertahun namun produktivitas masih rendah, rata-rata 3,9 - 4,6 Ton perhektar.

" Untuk menunjang produktivitas pertanian para kelompok tani, kami dari dinas TPH&Bun telah mengalokasikan berbagai bantuan dan kegiatan kepada kelompok tani yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi ataupun APBD Kabupaten," Ucap Hasbi.

Hasbi berharap kegiatan seperti ini tidaklah berhenti, terutama untuk mengendalikan inflasi, Ia juga meminta kepada para penyuluh pertanian harus lebih giat lagi mendampingi para petani, kalau ada kendala segera untuk berkoordinasi dengan dinas terkait.

Ditempat yang sama, Bupati Bungo H Mashuri mengucapkan terimakasih kepada Dinas tanaman pangan hortikultura dan perkebunan khususnya kepada masyarakat yang tergabung di kelompok tani. Bupati berharap melalui kegiatan panen padi dan penyerahan bantuan alat mesin pertanian dapat meningkatkan produksi produktivitas petani.*ADV

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: