Ini 6 Penyebab Darah Menggumpal Saat Menstruasi

Ini 6 Penyebab Darah Menggumpal Saat Menstruasi

Penyebab Darah Menggumpal Saat Menstruasi-Freepik/jambi-independent.co.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Darah yang menggumpal saat menstruasi seringkali menjadi hal yang umum dialami oleh sebagian besar wanita.

Proses ini adalah bagian normal dari siklus menstruasi, tetapi beberapa faktor bisa mempengaruhi seberapa besar atau seberapa sering darah menggumpal.

Berikut adalah beberapa penyebab darah menggumpal saat menstruasi:

 1. Koagulasi Darah

- Proses Alami Tubuh: Ketika darah keluar dari tubuh, proses koagulasi dimulai untuk membantu darah membeku dan mencegah kehilangan darah yang berlebihan.

Pada saat menstruasi, darah yang keluar lebih lambat dan dalam jumlah yang lebih banyak, sehingga darah memiliki lebih banyak waktu untuk menggumpal di dalam rahim sebelum dikeluarkan.

BACA JUGA:DPRD Provinsi Jambi Dorong Pemprov Jambi Tinjau Ulang Bagi Hasil dengan WTC

BACA JUGA:Gak Asal Poles, Ini Tips Memilih Base Make Up yang Cocok Untuk Kulit Wajah Anda

 2. Kandungan Hormon

- Perubahan Hormonal: Fluktuasi hormon, terutama estrogen dan progesteron, selama siklus menstruasi dapat mempengaruhi ketebalan lapisan rahim (endometrium). Ketika lapisan ini terlepas dan dikeluarkan selama menstruasi, darah yang keluar bisa lebih tebal atau menggumpal.

 3. Durasi dan Intensitas Menstruasi

- Durasi Menstruasi: Jika darah menstruasi terakumulasi dalam rahim dan dikeluarkan dalam waktu yang lebih lama, darah memiliki kesempatan lebih besar untuk menggumpal sebelum keluar dari tubuh.

- Intensitas Perdarahan: Perdarahan menstruasi yang lebih kuat atau intensitas yang tinggi dapat menyebabkan darah menggumpal lebih banyak.

 4. Kondisi Kesehatan yang Mendasarinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: