Debat Perdana Capres, Sikap Tenang Prabowo dan Tidak Menjelekkan Lawan Tuai Pujian

Debat Perdana Capres, Sikap Tenang Prabowo dan Tidak Menjelekkan Lawan Tuai Pujian

Debat Perdana Capres-ist/jambi-independent.co.id-

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pengamat Politik Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin memuji sikap calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto pada debat perdana capres 2024 digelar di kantor KPU. Prabowo berhasil menunjukkan sifat humanisnya dengan menghargai pasangan calon (paslon) lain. 

Menurut Ujang, selain artikulasi dan penyampaian materi debat perdana yang baik, gaya tenang Prabowo Subianto saat ini lebih disukai masyarakat. Sebab, masyarakat tidak terlalu menyukai gaya yang agresif dan cenderung menyerang lawan secara tendensius.

"Prabowo sekarang lebih tenang, lebih santai. Tidak menjelek-jelekkan lawan. Itu yang disukai masyarakat," ujar Ujang dalam keterangannya, Rabu (13/12/2023).

Dikatakan Ujang, gaya komunikasi Prabowo saat berdebat dinilai semakin mendapat simpati dari masyarakat luas. Hal itu tidak terlepas dari gaya sosialisasi Prabowo-Gibran yang tidak pernah menyerang lawan politik di Pilpres 2024.

BACA JUGA:Catat! Ini Jadwal Pelunasan Biaya Haji Khusus dari Kementerian Agama

BACA JUGA:RESENSI BUKU MEMBUMIKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD

Meski dalam beberapa minggu terakhir pasangan dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) ini mendapat sejumlah serangan, namun Ujang melihat Prabowo tidak pernah melakukan serangan balasan, hal itu yang membuat masyarakat lebih bersimpati kepada Prabowo – Gibran.

“Salah satunya terlihat dari survei Populi Center periode 28 November- 5 Desember yang menunjukkan kolaborasi Menteri Pertahanan (Menhan) dan Walikota Solo tersebut unggul dengan perolehan elektabilitas 46,7 persen,” urainya.

Elektabilitas tersebut, kata Ujang, mengalahkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sama-sama memperoleh 21,7 persen.

Lanjut Ujang menjelaskan, hasil survei itu tidak jauh berbeda juga ditunjukkan Poltracking Indonesia yang menemukan elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 45,2 persen.

BACA JUGA:Ada 3 Suspect Covid-19 di Semarang, Bupati Ingatkan Protokol Kesehatan saat Libur Natal dan Tahun Baru

BACA JUGA:Guru Tonggak Pendidikan Indonesia

Raihan itu jauh mengalahkan Ganjar-Mahfud yang memperoleh 27,3 persen dan di posisi terakhir terdapat Anies-Muhaimin sebesar 23,1 persen. "Di berbagai survei, elektabilitas Prabowo-Gibran tertinggi," ucap Ujang.

Selain gaya tenang yang ditampilkan Prabowo, Ujang menuturkan berbagai gagasan dan program yang dimiliki Prabowo - Gibran juga mampu merebut hati masyarakat. Salah satunya adalah program makan siang dan susu gratis untuk pelajar yang dinantikan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: