Bekerja Sebagai Freelancer? Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Bagi yang Punya Gaji Tak Tetap

Bekerja Sebagai Freelancer?  Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Bagi yang Punya Gaji Tak Tetap

Tips mengatur keuangan bagi freelancer -Foto : ilustrasi-Net

BACA JUGA:Aklamasi, Hary Tanoesoedibyo Jadi Ketua Umum PB POBSI Periode 2023-2027

Bayangkan saja, uang transportasi dan biaya makan di kafe tersebut bisa kamu sisihkan untuk memenuhi kebutuhan pokok yang lebih darurat.

 Meski begitu, untuk menghilangkan rasa bosan, maka sebenarnya bisa saja kamu menetapkan waktu khusus misalnya sekali sebulan untuk bekerja di luar. Hal ini tentu dapat kamu lakukan dengan lagi-lagi mempertimbangkan kecukupan danamu.

3. Buat Anggaran

Menyusun anggaran menjadi cara pertama yang perlu kamu lakukan untuk membantu kamu agar dapat mengatur keuangan secara lebih efisien

 Dengan adanya anggaran, kamu juga bisa mengidentifikasi pengeluaran yang sekiranya masih bisa dikurangi. Sebab tak bisa dimungkiri, kadang ada pengeluaran tertentu yang tanpa sadar sebenarnya tidak terlalu penting. 

BACA JUGA:Pimpin Apel Disiplin, Pj Wali Kota Jambi Apresiasi Capaian Prestasi Jajaran Pemkot Jambi

BACA JUGA:Pinto Jayanegara Harap Jalan Tembus Simpang Masurai ke Koto Tapus Mulai Dibangun Tahun 2024

Nah, adapun cara membuat anggaran adalah pertama-tama kamu harus tahu menghitung jumlah rata-rata pengeluaranmu per bulan. Terkait ini, pastikan kamu dahulukan kebutuhan primer seperti biaya makan, tempat tinggal, hingga listrik. Selebihnya, siapkan alokasi untuk tabungan dan hiburan jika memang masih memungkinkan. 

4. Prioritaskan Kebutuhan Diri Sendiri

Pendapatan yang tidak tetap membuat kamu mau tidak mau harus terlebih dahulu memprioritaskan kebutuhan dirimu sendiri. Memang tak salah jika sesekali kamu ingin membantu orang lain, tapi ingat bahwa dalam kondisi serba terbatas orang pertama yang seharusnya kamu selamatkan adalah dirimu sendiri. 

Apabila kamu memang punya tanggung jawab terhadap keluarga, maka pastikan rata-rata pendapatan mu memang masih cukup untuk memenuhi hal itu. Jika tidak, kamu bisa identifikasi lagi pengeluaran pribadi yang masih bisa kamu kurangi atau kamu harus meningkatkan pendapatan dengan mencari pekerjaan tambahan.

5. Prioritaskan Kebutuhan Diri Sendiri

Anda harus membuat kamu mau tidak mau harus terlebih dahulu memprioritaskan kebutuhan dirimu sendiri. Memang tak salah jika sesekali kamu ingin membantu orang lain, tapi ingat bahwa dalam kondisi serba terbatas orang pertama yang seharusnya kamu selamatkan adalah dirimu sendiri. 

BACA JUGA:Sambut Pergantian Tahun Baru 2024, Rumah Kito Resort Hotel Jambi By WH Hadirkan Summer Beach Party

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: