Duh..Segera Hindari Ya...Ini Penyebab Jerawat di Kulit Kepala, Jaga Kebersihan Rambut

Duh..Segera Hindari Ya...Ini Penyebab Jerawat di Kulit Kepala, Jaga Kebersihan Rambut

Penyebab jerawat di kepala -Foto : ilustrasi-Net

BACA JUGA:Auto Cling! Ini 9 Tips Membersihkan Kaca dengan Mudah dan Efektif

Paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit, membuat kulit terlihat lebih kering, kusam, dan bahkan timbul bintik atau noda hitam serta keriput pada kulit. Dampak lainnya, sinar matahari juga bisa memberikan efek cedera pada mata, karena sinar UV yang dimiliki sinar matahari bisa merusak kornea mata

3. Produksi Kelenjar Minyak Berlebih

Produksi kelenjar minyak berlebih dapat menyebabkan jerawat di kulit kepala karena sebum, yang merupakan hasil produksi kelenjar minyak untuk mencegah kulit kering, dapat menyumbat pori-pori kulit. Hal ini dapat menyebabkan peradangan dan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit, yang pada akhirnya dapat menyebabkan jerawat.

Jerawat di kulit kepala juga bisa disebut folikulitis, yang muncul akibat gangguan berlebih pada produksi kelenjar minyak. Sebum yang berlebihan dapat menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan bakteri dan jamur, yang juga dapat menyebabkan peradangan dan jerawat di kulit kepala.

Adapun yang dimaksud kelenjar minyak, atau kelenjar sebasea ini sendiri merupakan kelenjar mikroskopik pada kulit yang menghasilkan bahan berminyak/berlilin yang dikenal sebagai sebum. Sebum berperan dalam melicinkan kulit dan rambut, serta menjaga kelembapan kulit. Kelenjar sebasea terdapat di hampir seluruh bagian tubuh, terutama di wajah dan kulit kepala.

BACA JUGA:Puluhan Bikers Komunitas Motor Honda Ramaikan Kumpul Bareng Dulur

BACA JUGA:Kebiasaan ini Mampu Timbulkan Risiko Penyakit Jantung dan Hipertensi

Fungsi kelenjar minyak ini sangat penting bagi kesehatan kulit, namun produksi kelenjar minyak yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat. Produksi sebum yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori kulit dan folikel rambut, yang pada akhirnya dapat menyebabkan jerawat.

4. Penumpukan Produk Rambut

Penumpukan produk rambut dapat menyebabkan jerawat di kulit kepala karena penumpukan sel-sel kulit mati, kotoran, dan minyak dapat menyumbat folikel rambut dan menciptakan jerawat.

5. Folikulitis.

Seperti disebutkan sebelumnya, jerawat di kulit kepala disebabkan karena folikulitis. Secara umum folikulitis adalah peradangan pada folikel rambut atau tempat rambut tumbuh yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur.

 Kondisi ini dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, tetapi sering muncul di leher, paha, ketiak, dan pantat.

Folikulitis umumnya tidak menular, namun folikulitis yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus dapat menular kepada orang lain. Infeksi bakteri ini dapat terjadi ketika bakteri Staphylococcus masuk dan menginfeksi lapisan kulit, termasuk ke folikel rambut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: