Mengenal Paizal Kadni, Caleg DPR RI Dari PKB, Ini Sosoknya

Mengenal Paizal Kadni, Caleg DPR RI Dari PKB, Ini Sosoknya

Paizal Kadni--

KERINCI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID -  Sebentar lagi, pemilihan umum akan tiba, dan bagi warga Provinsi Jambi, memilih calon wakil di parlemen adalah keputusan besar. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Provinsi Jambi. Dari kandidat yang berkompetisi, salah satu sosok yang menonjol adalah H Paizal Kadni, seorang Caleg DPR RI Provinsi Jambi 2024 dari Partai PKB dengan nomor urut 4.

48 tahun yang lalu, Paizal Kadni lahir di Siulak, sebuah desa di ujung barat Kabupaten Kerinci. Di sana lah ia dibesarkan hingga remaja.

Paizal Kadni memulai pendidikan dasar di SD Negeri Koto Beringin Kecamatan Siulak. Ia lalu melanjutkan sekolah menengah di SMP Negeri di Siulak dan melanjutkan ke SMA PGRI 1 Sungai Penuh.

Tahun 1999 adalah awal mula Paizal Kadni merantau. Ia berangkat ke Yogyakarta dan kuliah di Universitas Proklamasi 45, jurusan ekonomi.

BACA JUGA:Ketua Umum Jaringan Santri Indonesia Jawa Tengah: Prabowo Subianto Tokoh Pemersatu Bangsa

BACA JUGA:Auto Cling! Ini 9 Tips Membersihkan Kaca dengan Mudah dan Efektif

Kecemerlangan Paisal Kadni sudah terlihat sejak muda. Semasa kuliah, Paizal Kadni aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan.

Ia pernah dipercaya memimpin senat mahasiswa (kini BEM) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Dari sana pula, kemampuan bisnisnya terasah.

Ia sukses merintis bisnis kayu manis asal Kerinci, lewat bendera PT. Salsabila Cassiva Vera Koerintji. Kalaulah selama ini kayu manis Kerinci cuma menjadi konsumsi lokal dan nasional, lewat tangan dinginnya dia berhasil mengekspor kayu manis ke berbagai negara di Asia, Eropa dan Amerika.

Untuk menjaga kualitas kayu manis, Paizal Kadni punya cara sendiri. Yakni dengan membina para petani.

BACA JUGA:Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Provinsi Jambi dan DLH Tanjab Timur Apresiasi SKK Migas PetroChina

BACA JUGA:Ladies, Ini Tips Mendapatkan Alis Berserat dan Terlihat Natural

Tak hanya mengelola bisnis kayu manis, Paizal Kadni juga merambah bisnis energy. Ia mendirikan PT Salsbila Hydro Energy, yang membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di kerinci.

Usaha itu tak sekedar untuk berbisnis, tapi juga memberikan manfaat bagi warga kerinci. Proyek itu telah membuka lapangan pekerjaan hingga memenuhi kebutuhan listrik di kawasan yang masih sering kekurangan pasokan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: