12 Tahun Tidur, Ini Penyebab Gunung Marapi Sumatera Barat Meletus Versi PVMBG

12 Tahun Tidur, Ini Penyebab Gunung Marapi Sumatera Barat Meletus Versi PVMBG

Peta erupsi Gunung Marapi di Sumatra Barat yang dirilis oleh Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana (PVMBG)-Dok. PVMBG Kementerian ESDM---

"Untuk pendakian urusan daerah, wewenang di daerah setempat. Mengenai larangan sudah kami sampaikan ya sifatnya kita berikan saran dan rekomendasi teknis agar menjadi pertimbangan," kata dia.

Hal senada juga dikatakan Plt Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Muhammad Wafid. Wafid mengatakan, sejak erupsi pada kemarin, Gunung Marapi mengalami erupsi beberapa kali terjadi hingga hari ini. 

BACA JUGA:Harga dan Spesifikasi Samung Galaxy M34 5G 2023, Kapasitas Baterai Gak Main-main!

BACA JUGA:Spesifikasi dan Harga Redmi 12, Ponsel dengan Kamera Mirip iPhone

Dalam catatan PVMBG di mana tinggi kolom teramati kurang lebih 800 meter di atas puncak dan kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah barat daya.

Wafid menjelaskan saat ini Gunung Marapi saat inj berada di status level dua atau waspada. Ia mewanti wanti agar masyarakat di sekitar Marapi dan pengunjung atau wisatawan tidak mendaki Gunung Marapi pada radius 3 kilometer (KM) dari kawah atau puncak.

"Saya kira teman teman dari PVMBG sudah memberikan rekomendasi itu di daerah dan sudah disampaikan ada beberapa hal terkait detail teknis letusan dari Marapi ini," kata dia.

Adapun beberapa rekomendasi yang disampaikan kepada para stakeholder terkait Marapi yakni bertujuan untuk memitigasi hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:Spesifikasi Ponsel Infinix Zero 30, HP Kelas Menengah dengan Desain Mahal

BACA JUGA:Kunjungi Jambi, Asesor Kemen PANRB Apresiasi Implementasi SPBE Pemkot Jambi

"Kami hanya memberikan saran untuk dasar pertimbangan karena kita bukan instansi yang memberikan izin ya. Tapi kita bisa menjadi tempat konsultasi karena kita punya tugas memonitor sehingga rekomendasinya rekomendasi teknis dari kita," ujarnya.

Artikel ini juga sudah tayang di Disway.id, dengan judul Penjelasan PVMBG Soal Gunung Marapi yang Tiba-tiba Meletus Setelah Tidur Selama 12 Tahun

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id