Dijamin Uang Mudah Terkumpul, Ini 5 Tips Menabung Ala Orang Jepang, Gunakan Prinsip Kakeibo

Dijamin Uang Mudah Terkumpul,  Ini 5 Tips Menabung Ala Orang Jepang, Gunakan Prinsip Kakeibo

Tips menabung-Foto : ilustrasi-Net

BACA JUGA:SKK Migas-PetroChina dapat Penghargaan dari Gubernur Jambi, Saipul: Kita Jalankan Fungsi Sosial Perusahaan

* Extra atau pengeluaran lainnya seperti beli kado untuk ulang tahun teman anak, uang melayat tetangga, dan lain sebagainya.

2. Mencatat seluruh pemasukan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencatat seluruh pemasukan setiap awal bulan, baik dari pemasukan rutin seperti gaji bulanan maupun penghasilan tambahan.

Metode Kakeibo menyarankan Anda untuk mencatat keuangan dengan cara menulis memakai pena atau pensil di buku agar Anda benar-benar meresapi apa yang Anda catat. 

3. Membuat pengingat di dompet

Salah satu trik menarik yang bisa dilakukan untuk menabung adalah menyisipkan catatan pengingat di dompet dengan tulisan "Apakah kamu benar benar membutuhkan barang ini?"

Dengan demikian, Anda akan terus ingat untuk selalu melakukan pertimbangan sebelum melakukan transaksi belanja.

4. Tunggu 24 jam sebelum membeli barang

Orang Jepang biasanya melakukan pertimbangan yang cukup lama sebelum memutuskan untuk membeli barang. Cobalah untuk tidak membiasakan diri langsung membeli barang yang disukai setelah melihatnya.

BACA JUGA:Wujudkan Pemilu 2024 yang Aman, Damai dan Bermartabat, Ini Pesan Kapolda Jambi

BACA JUGA:Harga Terbaru HP POCO Periode November 2023, POCO M5 Hanya Rp 1 Jutaan

Pikirkan terlebih dahulu setidaknya satu hari penuh untuk melihat apakah barang itu hanya sebatas keinginan atau benar-benar kebutuhan. Bila Anda masih berpikir tentang barang itu setelah satu hari, barang memang sesuai kebutuhan, dan keuangan mencukupi, belilah barang tersebut.

5. Bertransaksi pakai uang tunai

Bertransaksi menggunakan kartu debit atau kredit sering kali membuat seseorang tidak sadar dengan jumlah uang yang dikeluarkan. Maka dari itu, cobalah untuk bertransaksi dengan uang tunai agar Anda bisa lebih sadar tentang berapa nominal yang sudah dikeluarkan untuk berbelanja. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: