Bingung Cara jaga Kesehatan Gigi Anak? Coba Tips Simpel ini

Bingung Cara jaga Kesehatan Gigi Anak? Coba Tips Simpel ini

Gigi Anak--

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Sebagian besar orang tua tidak banyak yang menyadari bahwa mengenalkan dan mengajarkan anak mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut perlu dilakukan sejak dini.

Menyikat gigi secara rutin memang bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga gigi dan mulut anak. 

Berikut tips menjaga kesehatan gigi dan mulut anak :

BACA JUGA:Stok Obat Rumah Sakit Indonesia di Gaza Tak Ada Lagi, Luka Warga Sipil Palestina Dilumuti Belatung

BACA JUGA:8 Shio yang Paling Mudah Mendapatkan Keuntungan Lewat Bisnis

1. Menggosok Gigi dengan Benar.

Anak akan sulit untuk bisa menggosok gigi dengan benar. Maka dari itu, orang tua cukup memegang peran penting dalam membiasakan hingga memperlihatkan bagaimana cara menggosok gigi dengan benar. Menggosok gigi secara teratur adalah cara utama untuk meningkatkan kebersihan dan kesehatan mulut. 

American Dental Association (ADA) menganjurkan untuk menggosok gigi setidaknya selama dua menit, dua kali sehari. Adapun waktu menggosok gigi yang tepat adalah sebelum tidur dan sesudah makan.

 Sayangnya, banyak orang tua yang menyuruh anak untuk menggosok gigi ketika mandi, bukan setelah makan. Padahal bakteri dalam mulut akan berkembang sesaat setelah anak selesai makan.

2. Melakukan Pemeriksaan Rutin minimal 1 kali dalam 3 bulan

Melakukan pemeriksaan rutin ke Dokter Gigi berguna untuk mengetahui kondisi gigi anak. Melakukan pencegahan lebih awal juga dapat membantu mengurangi biaya perawatan dan pengobatan di kemudian hari. Karena melakukan pemeriksaan ke Dokter Gigi merupakan salah satu langkah tepat agar kesehatan gigi dan mulut anak tetap terjaga.

BACA JUGA:10 Tips Agar Anak Tidak Bosan Main di Rumah, Jangan Dicueki Ya!

BACA JUGA:8 Cara Mudah Membersihkan Tas Kulit, Lakukan di Kantor atau di Rumah Bisa

Dengan mengetahui gangguan kesehatan pada gigi dan mulut, setidaknya orang tua bisa lebih peduli dan lebih memperhatikan agar hal tersebut tidak terjadi pada anak. Dan memulai menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang dapat menunjang kesehatan gigi dan mulut, agar anak dapat membiasakannya secara mandiri sejak usia dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: