Polda Jambi Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Ini Pesan Kapolda Jambi

Polda Jambi Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Ini Pesan  Kapolda Jambi

Pelaksanaan upacara peringatan Hari Pahlawan di Polda Jambi.-ist/jambi-independent.co.id-bid humas polda jambi

Selain itu, ini juga salah satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Kemudian Presiden Soekarno memerintahkan untuk gencatan senjata pada 29 Oktober 1945. Namun, pertempuran kembali pecah pada 30 Oktober 1945.

BACA JUGA:Alhamdulillah, Harga Sawit di Jambi Periode 10-16 November 2023 Naik, Jadi Segini

BACA JUGA:Bocah Tenggelam di Sungai Batanghari Ditemukan Tewas

Saat itu rakyat Surabaya bersama para pejuang bertempur melawan tentara Inggris. Pada pertempuran tersebut, jumlah kekuatan tentara sekutu sekitar 15.000 pasukan.

Pertempuran tersebut telah mengakibatkan sekitar 20.000 rakyat Surabaya menjadi korban, sebagian besar adalah warga sipil.

Selain itu diperkirakan 150.000 orang terpaksa meninggalkan kota Surabaya dan tercatat sekitar 1.600 orang prajurit Inggris tewas, hilang dan luka-luka.

Selain itu, sebanyak puluhan alat perang rusak dan hancur. Pertempuran tersebut terjadi selama tiga minggu.

BACA JUGA:Pj Bupati Tebo Aspan Warning ASN Harus Netral

BACA JUGA:5 Shio yang Memiliki Energi Menarik dalam Keuangan dan Bisnis

Pertempuran yang terjadi di Surabaya pada 10 November 1945 itu pun ditetapkan sebagai Hari Pahlawan, melalui Keppres Nomor 316 tahun 1959 pada 16 Desember 1959.

Keputusan itu ditetapkan oleh Presiden Soerkarno. Kala itu Soekarno memutuskan juga menetapkan hari nasional bukan hari libur. Salah satunya yakni Hari Pahlawan 10 November.

Berdasarkan buku Bung Tomo, Hidup dan Mati Pengobar Semangat Tempor 10 November karya Abdul Waid pertempuran itu dipicu dengan sejumlah hal.

Peristiwa itu bermula setelah terjadinya kekalahan Jepang, kemudian rakyat dan pejuang Indonesia berupaya keras mendesak para tentara Jepang untuk menyerahkan semua senjatanya kepada Indonesia.

BACA JUGA:Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan, Bupati Batanghari Mhd.Fadhil Arief Dapat Reward dari Wapres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: